AMPHURI Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu-Donggala untuk Bangkit Kembali

0
166
Ketua DPD AMPHURI Sulampua HM Azhar Ghazali didampingi ustadz Zacky Mirza dan tim relawan saat mengadakan jumpa pers AMPHURI Peduli Bantuan Gempa dan Tsunami Palu dan Donggola di Makassar, Senin, (8/10).
Ketua DPD AMPHURI Sulampua HM Azhar Ghazali didampingi ustadz Zacky Mirza dan tim relawan saat mengadakan jumpa pers AMPHURI Peduli Bantuan Gempa dan Tsunami Palu dan Donggola di Makassar, Senin, (8/10).

HAJIUMRAHNEWS–Rasanya, belum kering air mata negeri akibat bencana gempa bumi yang melanda pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Juli lalu. Gempa berkekuatan 7,4 pada Skala Richter dan disusul tsunami yang menerjang Palu-Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) Jumat (28/9) telah meluluhlantakkan daerah ini. Meski duka kembali menyelimuti, namun segenap anak negeri harus bangkit lagi.

Terkait kondisi tersebut, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) dengan tagline-nya “Bangkit Melayani” melalui gerakan AMPHURI PEDULI turut ambil bagian untuk kembali membangkitkan semangat hidup warga Sulteng yang terdampak gempa dan tsunami. Selain menyalurkan bahan makanan dan memberikan bantuan Trauma Healing, AMPHURI PEDULI juga memberikan bantuan rehabilitasi masjid untuk segera mengembalikan fungsi masjid sebagai sentral aktivitas umat di Palu dan Donggala.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) AMPHURI, Joko Asmoro menegaskan, AMPHURI yang saat ini beranggotakan lebih dari 337 perusahaan biro travel penyelenggara haji dan umrah yang tersebar di seluruh Indonesia, berkewajiban untuk turut meringankan beban yang dialami saudara-saudara setanah Air di Sulteng yang terdampak gempa dan tsunami. Di sisi lain, membantu pemerintah dalam program penanganan korban gempa dan tsunami dalam berbagai aspek kehidupan.

Bahkan, Joko Asmoro beserta jajarannya DPP AMPHURI dan DPD AMPHURI Sulampua terjun langsung ke daerah terdampak bencana, diantaranya ke Kota Palu untuk melihat secara langsung proses bantuan AMPHURI untuk Gempa dan Tsunami. Kunjungan kali ini sekaligus mengantarkan kembali bantuan dana dan bantuan dalam bentuk lainnya dari seluruh anggota AMPHURI yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Hari ini saya bersama teman-teman sahabat AMPHURI dari Sulawesi, Ambon dan Papua akan berkordinasi untuk memberikan bantuan selanjutnya yang dilanjutkan menuju ke Palu beserta jajarannya,”  kata Joko Asmoro yang ditemui usai jumpa pers di Makassar, Senin, (8/10).

Sebelumnya, kata Joko, dua hari pasca terjadinya gempa dan tsunami, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AMPHURI Sulampua (Sulawesi Ambon Papua) telah mengirimkan sebanyak tiga truk bantuan berupa makanan dari Sulawesi Selatan (Sulsel) yang bergerak lewat jalur darat. Walaupun kala itu kondisi medan jalan yang masih sulit ditembus, namun DPD AMPHURI Sulampua berhasil menerobos masuk ke lokasi bencana dan langsung mendirikan tenda dapur umum bersama masyarakat setempat.

Ketua Umum DPP AMPHURI Joko Asmoro saat menyerahkan bantuan secara simbolik kepada Ketua DPD AMPHURI Sulampua untuk diteruskan kepada korban gempa Palu dan Donggala, usai jumpa pers di Makassar, Senin (8/10)
Ketua Umum DPP AMPHURI Joko Asmoro saat menyerahkan bantuan secara simbolik kepada Ketua DPD AMPHURI Sulampua untuk diteruskan kepada korban gempa Palu dan Donggala, usai jumpa pers di Makassar, Senin (8/10)

“Saya atas nama DPP menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DPD AMPHURI Sulampua yang diketuai oleh Azhar Ghazali, dengan bergerak cepat dapat memberikan bantuan, dimana dalam dua hari setelah terjadinya gempa sudah dapat mengirimkan tiga truk bantuan makanan tiba di Palu dari Makassar,” kata Joko.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua DPD AMPHURI Sulampua, Azhar Ghazali yang mengatakan bahwa dua hari pasca musibah di Palu, pihaknya mengirimkan tim relawan untuk menyalurkan bantuan langsung ke lokasi bencana. “Meskipun waktu itu kami semua lagi berada di Medan dalam rangka Mukernas AMPHURI, namun kami meminta anggota yang ada di Makassar untuk bergerak ke Palu yang dikordinir oleh Kabid Sosial dan langsung dikirim ke Palu di bawah kordinasi rekan kita saudara Agus,” kata Azhar.

Menurut Azhar, saat ini kedatangan Ketum AMPHURI, Joko Asmoro ke lokasi gempa juga selain menyaksikan langsung proses penyerahan bantuan juga memberikan apresiasi kepada tim trauma healing dan arahan kepada tim AMPHURI Sulampua untuk lebih aktif lagi melaksanakan program trauma healing pasca gempa yang dikomandoi oleh Ustadz Das’ad Latif. “Dalam kesempatan ini, tim trauma healing juga dibantu Ustadz Zacky Mirza dari Jakarta,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Joko menambahkan bahwa untuk program selanjutnya, ia meminta tim AMPHURI Peduli untuk segera mengembalikan fungsi Masjid yang rusak sebagai tempat ibadah, membantu proses renovasi masjid, termasuk pemasangan pompa-pompa air untuk wudhu dan keperluan umum lainnya. Tidak hanya itu, Joko pun meminta anggota AMPHURI di Sulampua menerima karyawan-karyawan dari biro travel anggota AMPHURI yang terdampak musibah, agar tidak kehilangan pekerjaan sampai dapat berfungsinya kembali kantor perusahaan yang terkena musibah tersebut.

Ketua Umum DPP AMPHURI Joko Asmoro foto bersama seluruh jajaran pengurus DPD AMPHURI Sulampua di Makassar, Senin (8/10)
Ketua Umum DPP AMPHURI Joko Asmoro foto bersama seluruh jajaran pengurus DPD AMPHURI Sulampua di Makassar, Senin (8/10)

Selama di Palu, Joko Asmoro juga menyempatkan diri mengunjungi Posko Bantuan Kota Palu dan berjumpa langsung dengan Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo atau yang lebih dikenal dengan Pasha Ungu. “Tentunya tim AMPHURI juga akan menjenguk dan membantu anggota AMPHURI di Palu yang terkena musibah,” ujarnya.

Ustadz Zacky Mirza yang ikut dalam jumpa pers mengatakan, selain akan membantu tim trauma healing AMPHURI di beberapa titik pengungsian, ia juga telah berkomunikasi dengan Pasha Ungu agar bisa bertemu untuk berkordinasi lebih lanjut terkait program bantuan yang akan disalurkan AMPHURI. “Insya Allah saya sudah tersambung dengan Pasha, dan dia bisa kita temui Selasa besok,” kata Zacky.

Penyerahan secara simbolis bantuan AMPHURI Peduli dari DPP AMPHURI kepada DPD AMPHURI Sulampua dilakukan oleh Joko Asmoro kepada Azhar Ghazali untuk disalurkan kepada korban gampa. (hai)

LEAVE A REPLY