Kepala SMKN 7 Serang : SMK Harus Lebih Kuatkan Lagi Kompetensi

0
101
Kepala SMK Negeri 7 Kota Serang berserta dewan guru foto bersama dengan CEO Gaido Group, Muhamad Hasan Gaido, usai acara seminar motivasi yang digelar di SMK N 7 Serang, pada Rabu (3/10).
Kepala SMK Negeri 7 Kota Serang berserta dewan guru foto bersama dengan CEO Gaido Group, Muhamad Hasan Gaido, usai acara seminar motivasi yang digelar di SMK N 7 Serang, pada Rabu (3/10).

HAJIUMRAHNEWS – Harus diakui, provinsi Banten adalah provinsi yang sampai hari ini masih memegang predikat pengangguran nomor dua nasional dan penyumbangnya adalah lulusan SMK, maka dari itu mau tidak mau, SMK harus lebih dikuatkan lagi dalam bidang kompetensi sesuai program keahlian.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Kota Serang, Drs. H. Subai, MM dalam pemaparannya di acara seminar motivasi pada, Rabu, (3/10) yang diikuti seluruh guru dan siswa SMKN 7 Kota Serang.

Subai menambahkan, hal ini sesuai dengan visi SMKN 7 Kota Serang yakni berprestasdi, berakhlak dan berwawasan lingkungan. “Setelah berprestasi, maka harus berahklak mulia. Sebagai contoh kita membangun karakter dalam bidang religius melalui progran sholat duha dilanjutkan tausiah pagi oleh guru dan siswa,” kata Subai, sembari menegaskan untuk pembinaan mental siswa, pihaknya menjalin kerjasama dengan Kopassus Group 1 Kota Serang.

Sementara berwawasan lingkungan, pihaknya menitikberatkan pada pembinaan siswa agar peduli terhadap lingkungan sekolah maupun lingkungan masyrakat umum. “Salah satunya apa yang kita lakukan tadi yaitu penanaman pohon Kurma secara simbolis oleh CEO Gaido Group Bapak Muhammad Hasan Gaido dan Bapak Oeng Rosliana selaku Kasi Kurikulum SMK yang mewakili Kepala Dinas Dindik Provinsi Banten,” ujarnya.

Menurutnya, segenap civitas akademik SMKN 7 Serang akan terus berupaya memperbaiki mutu pendidikan di Banten dengan sejumlah karya nyata. Di antaranya, bekerjasama dengan industri manufacturing. Dimana lewat kerjasama ini, hasil dari karya sekolah harus bisa bersaing di pasar dengan produk industri. “Lulusan SMK harus sudah siap bekerja melalui pelatihan di beberapa perusahaan yang ada di Banten,” katanya.

Subai berharap dengan merealisasikan MoU Gaido Group dengan Dindik Banten ini, pihaknya bisa menindaklanjuti melalui kesepakatan kerjasama dengan sejumlah unit usaha yang ada di Gaido Group seperti Gaido Travel, BAF Syariah, Baduy Outbound, Banten Restaurant, Gaido Media dan unit usaha lainnya.

Sementara, CEO Gaido Group, Muhammad Hasan Gaido, dalam pemaparannya, mengajak seluruh civitas akademik untuk merubah mindset agar mempersiapkan diri menjadi jiwa juara sebagai pemenang dalam persaingan global dan di bidang apapun. Oleh karena itu, kata Hasan Gaido, kunci utamanya adalah ketika belajar dan mengajar harus melibatkan hati, otak, perasaan, tenaga dan teman (jaringan).

Kasi Kurikulum SMK Dindik Provinsi Banten, Oeng Rosliana yang hadir dalam seminar tersebut menyampaikan kerja sama SMKN 7 Kota Serang merupakan langkah strategis dari revitalisasi SMK dalam menjalan kerjasama dengan Gaido Group. “Ini merupakan program kongkrit kepala dinas Dindik Banten untuk menyelesaikan masalah pengangguran dari SMK,” katanya.

Menurutnya, beberapa tahun terakhir ini, peran serta dunia usaha terhadap serapan dari lulusan SMK sangat bagus. Salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh Gaido Group yang peduli untuk menurunkan angka pengangguran di Provinsi Banten.

Hal ini kata Oeng, sesuai program prioritas Dindik Banten, pendidikan harus berkontribusi untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Banten. “Hasil akhirnya adalah terciptanya kesejahteraan masyarakat Banten,” katanya.

Lebih lanjut, Oeng mengatakan, jika mengacu kepada visi dan misi Gubernur Banten Wahidin Halim, bahwa Banten akan maju kalau pendidikannya maju. Karena itu Gubernur memiliki perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan SDM melalui pendidikan yang berkarakter.

Ditemui di tempat yang sama, Manager Marketing Gaido Travel&Tours, Ratu Fenty Kusmiaty mengatakan dalam kegiatan seminar motivasi tersebut, turut hadir CEO Gaido Group, Muhammad Hasan Gaido yang  tampil sebagai pembicara, Direktur Operasional Gaido Travel&Tours, Nana Sujana dan Manager Operasional Cabang Gaido Travel&Tours Banten, Rustandi

“Alhamdulillah, kerja sama yang akan di lakukan sesuai harapan kepala sekolah, kami akan sekuat tenaga melakukan yang terbaik,” kata Ratu Fenty. (hai)

LEAVE A REPLY