Arfi : Soal VFS, Silahkan Berjalan Seperti Biasa

0
2012
Direktur Bina Umrah dan haji Khusus Muhammad Arfi Hatim. (foto:abi/hun)
Direktur Bina Umrah dan haji Khusus Muhammad Arfi Hatim. (foto:abi/hun)

HAJIUMRAHNEWS – Direktur Pembinaan Umrah dan Haji Khusus Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Arfi Hatim menegaskan sampai hari ini belum ada legalitas atau nota diplomatik secara resmi oleh yang bersangkutan kepada pemerintah Indonesia dalam hal ini kementerian Agama, jadi silahkan berjalan seperti biasa.

Hal ini disampaikan Arfi Hatim di sela membacakan sambutan Dirjen PHU dalam pembukaa Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) di Medan, Jumat, (28/9).

Menurut Arfi, selama ini pihaknya terus mendapat pertanyaan dan diminta untuk menyikapi terkait adanya wacana pemberlakuan  pengurusan visa umrah melalui VFS (Visa Facilitation Service) di Indonesia. Dimana sebelumnya, proses tersebut dihadle oleh provider visa. Lantaran sampai hari ini belum ada legalitas atau nota diplomatik tersebut, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama mempersilahkan untuk menjalankan seperti biasanya.

Memang, dalam pelaksanaanya, banyak pelaku usaha penyelenggara umrah menilai pemindahan proses visa umrah VFS yang ditunjuk Arab Saudi untuk memproses bisa umrah, terkadang menunjukkan tata kerja yang tidak beraturan, dengan sistem yang belum sepenuhnya berjalan dengan baik. (hai)

LEAVE A REPLY