AMPHURI Siap Perangi Segala Bentuk Penipuan Umrah

0
216
Ketua Umum PP AMPHURI Joko Asmoro saat memberi sambutan dalam pembukaan Mukernas AMPHURI di Medan, Jumat (28/9)
Ketua Umum PP AMPHURI Joko Asmoro saat memberi sambutan dalam pembukaan Mukernas AMPHURI di Medan, Jumat (28/9)

HAJIUMRAHNEWS – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Joko Asmoro menegaskan, sebagai anak kandung Kementerian Agama dan satu-satunya yang terlahir dari Kemenag, seluruh anggota, kinerja dan peran serta AMPHURI harus selaras dengan aturan dan kebijakan pemerintah.

Hal ini kembali disampaikan Joko Asmoro dalam sambutan pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) AMPHURI 2018 di Ballroom Grand Mercure Hotel, Medan, Jumat, (28/9).

Dalam pembukaan Mukernas AMPHURI 2018 yang digelar selama tiga hari, 28-30 September 2018, itu Joko kembali mengingatkan bahwa AMPHURI lahir 11 tahun lalu atas inisiasi pemerintah. Untuk itu, seluruh travel penyelenggara umrah dan haji yang bernaung di AMPHURI, harus melindungi masyarakat Indonesia dari kegiatan ibadah haji dan umrah dari segala bentuk penipuan.

“Sama halnya dengan peran pemerintah, AMPHURI siap memerangi segala penipuan umrah. Karena itu, seluruh anggota AMPHURI juga wajib melakukan pembinaan seperti yang dilakukan pemerintah dalam melayani jamaah, pengawasan umat dengan sebaik-baiknya, di samping tetap menjaga kelangsungan usaha anggotanya,” tegasnya.

Lagi-lagi, Joko mengingatkan, anggota yang tergabung dalam AMPHURI adalah travel yang kredibel. Saat ini, kata Joko, AMPHURI beranggotakan 337 travel yang tersebar dari ujung Sumatera sampai ke Sulawesi. Ini merupakan asosiasi terbesar di Indonesia. “Kita harus bangga menjadi anggota asosiasi ini. Ke depan kami optimis jumlah anggota AMPHURI akan terus bertambah,” katanya.

AMPHURI juga, kata Joko, merupakan satu-satunya asosiasi berstandar internasional ISO 9001:2008. Setiap kegiatan dan performa pengurus serta anggotanya terukur dengan jelas dan berkelas internasional.

Joko menambahkan, AMPHURI juga menjadi satu-satunya asosiasi haji dan umrah yang memiliki kepengurusan di pusat dan di daerah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, AMPHURI juga satu-satunya asosiasi haji dan umrah yang memiliki koperasi yang omsetnya sudah lebih dari Rp 58 miliar dalam waktu enam bulan.

mukernas amphuriSebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AMPHURI Sumatera bagian Utara (Sumbagut), Maulana Andi Surya mengatakan, Mukernas ini menjadi ajang memperkuat brand dan kesiapan biro travel yang tergabung dalam AMPHURI di era transisi yang serba digitalisasi, serta untuk lebih mematuhi aturan yang berlaku, seperti sertifikasi para tour leader dan tour guide yang dimiliki biro travel.

Sementara Asisten II Bidang Perekonomian Pemprovsu Ibnu S Utomo yang mewakili Gubernur Sumut, dalam sambutannya mengatakan, AMPHURI mampu menginisiasi perjalanan ibadah umrah yang lebih baik dan berharap tidak ada lagi penipuan-penipuan di masa depan. “Kami berharap, AMPHURI bisa kembali mengembalikan kepercayaan para jamaah umrah terhadap travel penyelenggara ibadah, dan ke depan tidak ada lagi segala bentuk penipuan terhadap umat,” pesannya.

Senada dengan itu, Direktur Pembinaan Umrah dan Haji Khusus Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Arfi Hatim dalam saat menyampaikan sambutan Dirjen PHU, berharap Mukernas AMPHURI mampu merumuskan konsep dan ide untuk meningkatkan kualitas penyelenggaran umrah dan haji.

“Mukernas AMPHURI ini diharapkan mampu menghasilkan rekomendasi dan rencana kerja yang strategis kepada para anggota khususnya dan umumnya kepada jamaah haji dan umrah. Masyarakat juga menunggu terobosan ide serta inovasi AMPHURI,” katanya.

Pembukaan Mukernas AMPHURI 2018 yang mengusung tema “Akselerasi Usaha Travel Haji dan Umrah di Era Transisi” ini akhirnya dibuka secara resmi dengan pemukulan gordang sembilan secara bersama-sama. (hai)

LEAVE A REPLY