Fithor : Dalam Bisnis Tidak Cukup Ulet dan Semangat, Tapi Harus Ada Mentor

0
85
Fithor Muhammad (jas hitam) saat menerima cenderamata dari panitia. (foto:hlg)
Fithor Muhammad (jas hitam) saat menerima cenderamata dari panitia. (foto:hlg)

HAJIUMRAHNEWS–CEO Harmony Land Group Fithor Muhammad, mengajak masyarakat untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan khususnya pada generasi milenial yang masih duduk di bangku perkuliahan. Ajakan Sekretaris Jendral Ikatan Alumni Center for Entrepreneurship Development and Studies University of Indonesia (CEDS UI) ini disampaikan dalam Forum Bisnis CEDS UI di AJS FISIP Universitas Indonesia, Sabtu (15/9).

 

“Bisnis ketika mahasiswa itu jauh lebih menyenangkan dibandingkan ketika sudah bekerja. Saat menjadi mahasiswa kita belum terikat instansi, sehingga segala sumber daya yang ada pada diri kita bisa kita gunakan secara full, seperti waktu, tenaga, impian,” kata pria yang akrab disapa Fithor ini.

 

Fithor menuturkan menjadi entrepreneur tidak harus terpaku pada besarnya modal, sebagaimana kesulitan yang dialami oleh banyak mahasiswa ketika ingin memulai bisnis, yakni terpaku pada modal berupa uang. Dia menekankan tentang pentingnya mengelola kapasitas diri.

 

“Bisnis yang bergantung dengan modal akan mematikan kreativitas kita,” imbuh Pria kelahiran 1993 ini sembari menceritakan perjalanan bisnisnya yang dimulai sejak SMA di Pekalongan.

 

Teori tersebut, lanjut Fithor, telah dibuktikan olehnya melalui perkembangan bisnis propertinya yang luar biasa bersama perusahaan Harmony Land. Sejak dirintis pada tahun 2015, hingga saat ini telah mengembangkan 12 proyek perumahan dan tiga anak perusahaan.

 

Fithor yang pernah menggeluti bisnis di bidang kuliner, agribisnis, daur ulang plastic, event organizer, dan kini properti ini menegaskan bahwa dalam berbisnis tak hanya diperlukan kepribadian ulet dan pantang menyerah tapi memerlukan guru atau mentor. Keberadaan mentor tersebut harus mampu memberikan arahan agar bisnis dapat scale up dalam waktu yang singkat.

 

“Salah satu mentor saya adalah Muhammad Hasan Gaido, founder dari Gaido Group yang kini telah mengebangkan berbagai unit usaha,” katanya. (hai)

LEAVE A REPLY