Perbankan Syariah Tak Khawatir Rupiah Terus Melemah

0
64
Perkumpulan Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke 7 di Muamalat Tower Jakarta, Kamis (6/9/2018)
Perkumpulan Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke 7 di Muamalat Tower Jakarta, Kamis (6/9/2018)

Hajiumrahnews – Kita ketahui bersama bahwa sekarang ini rupiah sedang anjlok terhadap dollar. Lalu bagaimana reaksi bank syariah terhadap keadaan ini? Perkumpulan Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) mengklaim jika pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terjadi saat ini tidak berdampak pada perbankan syariah.

“Saya enggak hafal datanya, tapi enggak terlalu tinggi pembiayaan valas (valuta asing). InsyaAllah tidak (terdampak penguatan dolar),” kata Ketua Umum Asbisindo, Toni Eko Boy Subari, di Muamalat Tower, Jakarta, Kamis (6/9).

Berbeda dengan perbankan konvensional yang mulai melakukan penyesuaian suku bunga, Toni mengatakan hal tersebut tidak terjadi pada perbankan syariah. Sebab sesuai hukum syariah, perbankan hanya diperbolehkan melakukan bagi hasil.

“Ke depan yang menjadi tantangan bagi perbankan syariah justru cara memperbesar market share. Saat ini pangsa pasar perbankan syariah masih di kisaran 5 persen,” ujar Toni.

Meski demikian, sebagai ketua umum Asbisindo yang baru terpilih untuk periode 2019-2021, Toni masih enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai strategi kepemimpinannya ke depan.

“Nanti kami akan duduk bersama dulu. Kan saya baru tahu (terpilih sebagai ketua umum) hari ini. Yang jelas kami optimistis untuk market share,” kata Toni yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri Syariah tersebut. (*)

 

LEAVE A REPLY