Sebanyak 6.194 Jamaah Haji Bergerak ke Madinah

0
46
Bus shalawat
Bus shalawat

HAJIUMRAHNEWS – Jamaah haji asal Indonesia yang masih berada di Mekkah yang merupakan jamaah haji gelombang kedua akhirnya sejak Jumat (31/8) bertolak ke Madinah. Selama di kota itu, jamaah haji akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan ibadah, salah satunya program arbain di Masjid Nabawi.

Demikian keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid kepada hajiumrahnews.com, pada Sabtu, (1/9).

“Jumlah jamaah yang diberangkatkan mencapai 6.194 orang,” kata Subhan sembari menyampaikan bahwa sebagian dari mereka berada di penginapan Rei Bakhsy Mekkah.

Sementara Kepala Daker Makkah Dr Endang Jumali yang melepas pemberangkatan jamaah ke Madinah mengatakan di sana jamaah akan mendapatkan pelayanan yang sama seperti di Mekkah. Setiap jamaah akan mendapatkan dua kali makan dalam sehari. “Hotel mereka jauh lebih mewah bila dibandingkan di Mekkah. Dari sana mereka berjalan kaki menuju Masjid Nabawi,” katanya.

Namun, kata Endang, pemesanan sebagian hotel di sana tidak sepanjang musim. Masih ada yang menggunakan sistem blocking time. Agar jamaah tidak menunggu lama di lobi, petugas haji di Madinah sudah mempersiapkan hotel sehari sebelum kedatangan.

Data jamaah yang diberangkatkan ke Madinah juga dipersiapkan sejak beberapa hari sebelum keberangkatan untuk menjadi acuan pemesanan bus. Tim transportasi akan berkomunikasi dengan asosiasi transportasi untuk menyiapkan jumlah kendaraan yang dibutuhkan.

Menurutnya, pergerakan jamaah ke Madinah lebih santai. Jamaah juga lebih tenang, karena mereka sudah melaksanakan inti ibadah di Tanah Suci. “Jadi beban mereka sudah tak ada,” kata Endang. (hai)

LEAVE A REPLY