AMPHURI Gandeng LSP Pramindo Gelar Sertifikasi Uji Kompetensi

0
251
Peserta Sertifikasi Uji Kompetensi yang diadakan oleh AMPHURI Sulampua foto bersama dengan pengurus dan assesor tour leader, Gunawan Surbakti di Hotel Remcy, Makasar, Rabu (29/8).
Peserta Sertifikasi Uji Kompetensi yang diadakan oleh AMPHURI Sulampua foto bersama dengan pengurus dan assesor tour leader, Gunawan Surbakti di Hotel Remcy, Makasar, Rabu (29/8).

HAJIUMRAHNEWS – Untuk menjawab tantangan pasar sekaligus mengetahui tingkat kapabilitas pelaku industri pariwisata Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) menyelenggarakan sertifikasi uji kompetensi para pemandu wisata, tour leader (TL) dan tour guide (TG) di Hotel Remcy Makassar, pada Rabu, (29/8). Uji kompetensi yang melibatkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo ini diikuti sebanyak 35 peserta.

“Seperti diketahui, pelaku usaha biro perjalanan haji dan umrah wajib disertifikasi, sesuai peraturan pemerintah,” kata Assesor Tour Leader, Gunawan Surbakti dalam keterangan tertulisnya kepada hajiumrahnews.com, Rabu, (29/8).

Menurutnya, setelah mengikuti uji kompetensi ini, insan pariwisata khususnya wisata muslim bisa mengetahui kemampuan atau skill masing-masing dalam melayani jamaah.

Memang, kata Gunawan, sesuai aturan pemerintah, biro perjalanan wisata wajib mengikuti sertifikasi, tak terkecuali biro travel haji khusus, umrah dan halal travel.

Lebih lanjut, anggota Indonesia Tour Leader Assocation (ITLA) ini menjelaskan bahwa uji kompetensi ini merupakan syarat wajib bagi biro perjalanan wisata, sesuai dengan keputusan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No 4 dan No 8 tahun 2014. “Seluruh travel wajib memiliki minimal dua sertifikat tour leader sebagai insan wisata. Tunduk dan patuh pada ketentuan tersebut,” jelasnya.

Artinya, kata Gunawan, sertifikasi menjadi salah satu syarat akreditasi untuk pengurusan izin baru maupun memperpanjang izin usaha perjalanan wisata. Termasuk bagi penyelenggara umrah dan haji, sebagaimana termaktub dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 8 tahun 2018.

Penyerahan sertifikat uji kompetensi dari assesor kepada ketua DPD AMPHURI Sulampua, HM Azhar Gazali.
Penyerahan sertifikat uji kompetensi dari assesor kepada ketua DPD AMPHURI Sulampua, HM Azhar Gazali.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AMPHURI Sulawesi Ambon Papua (Sulampua), HM Azhar Gazali, mengatakan kegiatan sertifikasi uji kompetensi ini merupakan bagian dari program kerja nasional dari AMPHURI. Di mana setiap DPD wajib mengadakan sertifikasi dengan bekerjasama lembaga sertifikasi profesi yang telah ditunjuk.

“Mau tidak mau, suka tidak suka, untuk meningkatkan kompetensi para pelaku industri haji dan umrah serta wisata muslim harus mengikuti uji kompetensi, karena ini juga menjadi bagian syarat bagi para penyelenggara haji dan umrah dalam menjalankan usahanya,” kata Azhar.

Baik Gunawan maupun Azhar berharap dengan adanya uji sertifikasi ini, biro travel beroperasi secara profesional, bekerja dengan baik sesuai peraturan yang berlaku. (hai)

LEAVE A REPLY