Menag Rela Antre untuk Memastikan Kondisi Toilet di Mina

0
80
Tampak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ikut dalam antrean saat mau berwudlu di Mina, Selasa (21/8). (foto:mch)
Tampak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ikut dalam antrean saat mau berwudlu di Mina, Selasa (21/8). (foto:mch)

HAJIUMRAHNEWS – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai melontar jumrah aqabah di Jamarat pada 10 Dzulhijjah, Selasa (21/8), menyambangi Mina untuk mengecek langsung kondisi jamaah. Di sela blusukannya ke tenda dan Posko Kesehatan Haji, Menag menyempatkan diri untuk istirahat di kantor Misi Haji. Begitu masuk waktu salat Isya, sekitar pukul 19.30 waktu Saudi, ia pun ikut antre di toilet sekalian untuk berwudlu.

“Sengaja saya ingin mengecek kondisi toilet dan tempat wudlu,” kata Menag, seperti dilansir laman resmi Kemenag, Jumat (24/8).

Memang, harus diakui, kata Menag, toilet dan tempat wudlu masih terbatas, karena fasilitas di Mina sepenuhnya menjadi tanggung jawab Saudi. “Tapi kita sudah berusaha maksimal, misalnya dengan menambahi urinoir portable,” jelasnya.

“Makanya saya ingin melihat langsung di lapangan, ikut merasakan nikmatnya antre bersama jamaah, karena malah bisa mendapat masukan dari mereka,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, seorang jamaah asal Ciamis, Jawa Barat, minta agar kamar kecil diperbanyak di tahun mendatang. “Kami mewakili pemerintah mohon maaf belum bisa memberikan yang terbaik, jamaah berdesak-desakan di tenda dan kondisi toilet terbatas, mudah-mudahan semua tambah sabar,” papar Menag yang disambut anggukan para jamaah.

Malam itu, bukan kali pertama orang nomor satu di jajaran Kementerian Agama itu mampu menjalin kehangatan dengan jamaah selama di Tanah Suci. (hai/mch).

LEAVE A REPLY