Cara Mengantisipasi Kaki Pegal Saat Berhaji

0
91

jurus-kaki-anti-pegal-saat-beribadah-haji-1807234_3x2

Hajiumrahnews – Haji adalah ibadah fisik. Karena itu, ketika melakukan ibadah haji kita dituntut untuk memiliki fisik yang kuat. Salah satunya adalah kaki-kaki kita. Karena kita sering melakukan perjalanan kaki selama di sana, maka kita butuh kaki-kaki yang kuat.

Namun, sekuat apapun fisik kita, kaki kita kadang merasakan pegal dan capek juga. Sebab, kita bukanlah seorang tentara yang terbiasa melakukan kerja fisik. Bahkan, seorang tentara sendiri pasti pernah merasakan pegal kaki.

Tapi, kita tak perlu khawatir soal pegal kaki yang seketika bisa datang ini. Salah satunya adalah dengan mengangkat kaki ke atas saat sudah berada di kamar.

Sandarkan kaki di tembok dan luruskan. Kemudian tarik tumit hingga terasa sampai otot betis tertarik. Lakukan selama sekitar 5 detik kemudian lepaskan.

Tarik lagi tumit, lakukan hingga 8 sampai 10 hitungan. Saat melakukannya, jamaah calon haji usahakan untuk mengatur napas dan membaca istigfar memohon kesehatan.

Kita juga bisa menggunakan krim pereda nyeri atau koyo. Diamkan selama semalaman. Untuk mempercepat pemulihan fisik, jangan lupa konsumsi vitamin B1, B6 dan B12 atau sering disebut B kompleks.

Lakukan peregangan ringan saat pagi hari saat bangun atau sebelum beraktivitas. Latihan pernapasan seperti yoga sebelum tidur untuk bisa membantu meredakan nyeri dan pegal.

Pastikan juga minum banyak air putih dan konsumsi buah. Hindari minum air putih dingin atau es. Lebih baik minum air zam-zam yang telah disediakan di tiap sudut Masjidil Haram. (*)

LEAVE A REPLY