Dahlan dan Istrinya Berangkat Haji Gunakan Kuota Jepang

0
136
Foto: Liputan6
Dahlan dan istrinya, WNI yang naik haji dengan kuota Jepang. Foto: Liputan6

Hajiumrahnews – Mengenakan baju rompi berbendera Jepang tapi punya paras melayu. Dua orang ini menarik perhatian jamaah haji yang ada di Gate B Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah, Arab Saudi. Selidik punya selidik, ternyata mereka berdua adalah warga negara Indonesia alias WNI.

Namanya adalah Dahlan. Dia berangkat haji bersama istrinya. Mereka berangkat ibadah haji memang bukan dari tanah air, tapi dari negeri Sakura, Jepang.

Dahlan bekerja sebagai dosen Science di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU). Dia berhaji dengan menggunakan kuota Jepang yang tak banyak dimanfaatkan.

Paspornya tetap Indonesia dan resmi. Dahlan berangkat haji dengan istrinya menggunakan travel wisata HIS. Menurut Dahlah, dirinya sebenarnya bergabung dengan 150 orang dari travel HIS, tapi yang lain masih akan berangkat lain hari.

“Terdapat dua travel wisata yang memberangkatkan haji dari Jepang. Tapi, saya tak dapat menyebut total jamaah calon haji dari Jepang tahun ini,” ujar Dahlan di Jeddah, Senin (13/8).

Dahlan berasal dari Jawa Timur. Menurutnya, dia harus bayar 60 juta untuk bisa pergi haji selama tiga minggu di Arab Saudi.

“Semua perlengkapan kami biayai sendiri,” ujarnya.

Menurut Dahlan, fasilitas yang disediakan oleh haji Indonesia jauh lebih baik dibandingkan di Jepang.

“Padahal harganya jauh lebih murah dan masa tinggal lebih lama,” ujarnya lebih lanjut.

Dahlan mengetahui informasi demikian dari berita-berita di media sosial.

“Saya melihat di berita-berita, jamaah haji Indonesia yang paling enak. Tas, koper, kain ihram mereka diberikan dari negara. Bahkan kabarnya juga menerima makan lebih banyak serta fasilitas bus ke Masjidil Haram,” ujarnya sambil mengacungkan jempolnya.

Meski begitu, Dahlan tetap bersyukur bisa menunaikan haji meskipun harus berangkat dari Jepang.

“Rencananya, saya menginap di hotel yang tidak jauh dari Masjidil Haram,” pungkas Dahlan. (*)

 

LEAVE A REPLY