Menag Puji Jamaah Indonesia yang Tertib Saat Tawaf dan Sai

0
83
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat umrah wajib. Foto: Detik
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat umrah wajib. Foto: Detik

Hajiumrahnews – Ketertiban jamaah haji Indonesia sudah dipuji banyak orang dari negara-negara lain. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sendiri merasakan atmosfir tersebut saat melaksanakan umrah wajib di tengah-tengah kerumuman jamaah haji di Masjidil Haram. Pria yang juga merupakan amirul hajj ini memuji jamaah Indonesia yang tetap tertib meski suasana berdesakan.

“Saya melihat jamaah haji Indonesia cukup tertib dalam melaksanakan tawaf maupun sai, cukup lancar,” ujar Lukman di area luar Masjidil Haram, Mekah, Minggu (12/8/2018).

Lukman baru saja melihat langsung bagaimana berjubelnya Masjidil Haram yang dipenuhi jamaah haji dari berbagai dunia di H-7 Wukuf Arafah. Lukman juga menyaksikan bagaimana jamaah Indonesia tertib dan tidak menimbulkan gangguan sekalipun kondisi penuh sesak.

“Saya harap ke depannya kelancaran ini bisa dipertahankan dengan baik,” tutur Lukman.

Mengenai doa yang dipanjatkan ketika umrah, Lukman mengatakan selain doa untuk keluarga dan kerabat, dia juga mendoakan Indonesia agar terus diberi kekuatan dalam menghadapi persoalan.

“Dan semoga negara kita dari waktu ke waktu semakin membaik kualitasnya sehingga, seluruh bangsa Indonesia bisa meningkatkan kesejahterannya di masa-masa mendatang,” tutur Lukman.

Dalam kesempatan sebelumnya, Dubes Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abigebriel, mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi memberikan apresiasi tinggi kepada para jamaah haji Indonesia.

“Di mata Saudi, jamaah haji Indonesia dinilai paling tertib dan santun di antara jamaah haji lainnya,” ujar Agus Maftuh. (*)

 

LEAVE A REPLY