Jelang Puncak Haji, Sektor Khusus Masjidil Haram Tambah Personil

0
33
Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram, Slamet Budiono, di Mekkah beberapa waktu lalu. (foto:mch)
Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram, Slamet Budiono, di Mekkah beberapa waktu lalu. (foto:mch)

HAJIUMRAHNEWS – Jelang puncak pelaksanaan ibadah haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mulai menggeser sebagian besar petugas haji yang berada di Madinah ke Mekkah. Tak terkecuali, para petugas sektor khusus yang bertugas di area Masjidil Haram.

Hal ini disampaikan Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram, Slamet Budiono, di Mekkah beberapa waktu lalu, seperti dikutip hajiumrahnews.com dari laman resmi Kemenag, Sabtu (11/8).

Menurutnya, saat ini suhu di kota Mekkah mencapai 45 derajat celcius menjadi salah satu tantangan utama para jamaah haji seluruh dunia menjalankan tahapan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. Selain itu yang perlu di antisipasi para jamaah adalah membludaknya jamaah di Masjidil Haram yang menjadi pusat kegiatan ibadah.

“Jamaah haji Indonesia saat ini juga sudah masuk ke Mekkah tidak kurang dari 168 ribu orang. Sebagian jamaah saat ini sedang melakukan umrah wajib, umrah sunnah dan kegiatan sunnah lainnya sehingga menumpuknya jamaah ini membuat banyaknya jamaah yang kelelahan, tersesat bahkan pingsan,” ujarnya.

Dengan ditambahnya petugas khusus dari Madinah maka petugas seksus menjadi 65 orang yang dibagi dalam 2 shift, menyebar di 7 titik yakni di posko di terminal Syib Amir, pos Marwah, area tawaf, pos depan Zamzam tower, pos Dar Attauhid, Darul Arqom dan di pintu 100 bangunan baru Masjidil Haram.

Slamet Budiono mengatakan kekuatan petugas sebenarnya masih kurang, namun personilnya terus bertugas selama 24 jam berpatroli di luasnya area Masjidil Haram. “Walaupun dapat kekuatan, kita tetap bertugas seperti biasa,” kata Slamet saat ditemui di Posnya di terminal Syib Amir beberapa waktu lalu. (hai/mch)

LEAVE A REPLY