Kadaker Mekah Ingatkan Jamaah Jaga Kesehatan Jelang Wukuf

0
38
Endang
Endang

HAJIUMRAHNEWS – Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Endang Jumali mengingatkan jamaah haji untuk menjaga kesehatannya menjelang wukuf nanti. Jamaah diminta menyimpan energinya jangan sampai terkuras.

Hal ini disampaikan Endang, di kantor kerjanya di Daker Mekkah di kawasan Syisyah, pada Kamis (9/8) waktu setempat, lantaran masih banyak jamaah yang mengutamakan ibadah sunnah daripada ibadah wajibnya.

“Saya masih melihat ada jamaah yang umrah sampai 16 kali. Dan tentu ini juga program yang mereka gaungkan terkait bimbingan ibadah sejak di Tanah Air,” kata Endang, seperti dikutip hajiumrahnews.com dari Media Center Haji pada Jumat (10/8).

Karena itu, pihaknya tidak bosan-bosannya mengimbau hal tersebut. “Masih banyak kegiatan rukun dan wajib yang belum terlaksana dan menguras tenaga, karena itu kami minta jamaah haji untuk melihat kondisi fisiknya,” katanya.

Menurutnya, semisal persiapan tanggal 8 Dzulhijjah, lalu perjalanan proses wukuf, muzdalifah dan mina yang semua itu bakal menguras tenaga. “Kami mengimbau jamaah di Makkah melihat kondisi,” ujarnya.

Apalagi kata Endang, sekarang sudah 170 ribu jamaah haji Indonesia sudah tiba di Mekkah. Karena itu, Endang mengimbau jamaah haji untuk segera tawaf qudum agar tidak berbarengan dengan waktu shalat, karena akan menyebabkan penumpukkan jamaah di terminal setelah umrah.

Untuk keperluan ini, PPIH Arab Saudi juga sudah mengeluarkan Surat Edaran kepada tentang Tim Pemandu Haji Indonesia serta Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) terkait rencana pemberangkatan jamaah dari pemondokan ke arafah.

“Kami imbau seluruh sektor mengintensifkan komunikasi dengan ketua kloter,” tegasnya. (hai/mch)

LEAVE A REPLY