Sebanyak 15 Kloter Terakhir Telah Tinggalkan Madinah

0
53
Dirah (120), jamaah haji tertua asal Indonesia
Dirah (120), jamaah haji tertua asal Indonesia

HAJIUMRAHNEWS – Jamaah haji asal Indonesia berangsur-angsur meninggalkan kota Madinah. Setidaknya, pada Selasa (7/8) sebanyak 6.084 jamaah haji dari 15 kloter terakhir yang berada di Madinah bertolak menuju ke Mekkah.

“Mudah-mudahan mendapat kemudahan, kelancaran, dan dapat menjalankan umrah wajib dengan sempurna dan saat puncak haji dapat melaksanakan sempurna, semoga jadi haji mabrur,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Nizar saat melepas kloter terakhir 09 Palembang yang berjumlah 443, di Hotel Rehab Al-Masi, Madinah, pada Selasa (7/8).

Ia berpesan jamaah yang berangkat ke Mekkah agar menjaga kesehatan. Sehingga stamina jamaah hingga dapat terjaga dengan baik. Sebagai contohnya, jamaah diharap tidak menghabiskan energi saat prosesi umrah wajib. Bagi jamaah yang mendapat tanggung jawab mendorong jamaah berkursi roda, diharapkan dapat memanfaatkan sewa skuter yang disediakan pengelola Masjidil Haram.

“Mohon tolong ketua kloter umrah wajib, di lantai atas ada sewa 100 riyal, skuter, agar cepat,” ujar dia.

Selain itu, jamaah juga diminta tak menghabiskan tenaga untuk menjalankan umrah sunnah.

Nizar meminta agar antar jamaah haji dapat tolong-menolong. Sehingga kasus jamaah yang terpisah dari rombongan bisa diminimalisir. “Dan jangan segan-segan meminta pertolongan kepada petugas. Ada, petugas yang akan membantu di setiap sektor dan hotel jangan ragu kalau butuh petolongan kami siap,” kata dia. (hai)

LEAVE A REPLY