Tindaklanjuti MOU, Gaido Travel dan PT Pos Indonesia Lakukan Sosialisasi

0
26
Sosialisasi kerjasama Gaido Travel & Tours dengan PT Pos Indonesia dalam tiga hal: pe
Sosialisasi kerjasama Gaido Travel & Tours dengan PT Pos Indonesia dalam tiga hal: penerimaan setoran haji khusus, umrah dan halal travel di gedung regional IV PT Pos Indonesia Jakarta (Selasa, 7/8).

Hajiumrahnews – Penandatangan kerjasama (MOU) antara Gaido Travel & Tours dengan PT Pos Indonesia telah dilakukan pada Senin, 25 Juni 2018. Sebagai tindak lanjut dari kerjasama tersebut, hari ini (Selasa, 7/8) diadakan sosialisasi. Sosialisasi pertama dilakukan di Gedung Regional IV PT Pos Indonesia, Jl. Lapangan Banteng Utara No.1 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Menurut Vice Presidential Penyaluran Dana dan Kemitraan Perbankan, Haris, PT Pos Indonesia sebenarnya sudah pernah melakukan kerjasama dengan sebuah perusahaan travel haji dan umrah. Namun, travel tersebut mengalami masalah.

“Sehingga jujur, ketika awal kita mau bekerja sama dengan Gaido ini, suara-suara awal dari internal banyak yang mempertanyakan,” ujar Haris.

Tapi, kata Haris, pihaknya terus menyampaikan pada mereka bahwa kita melakukan kerjasama ini sudah melalui proses penjaringan yang amat ketat.

“Karena kita tidak mau, PT Pos Indonesia terjerumus untuk kedua kalinya,” ujar Haris lebih lanjut.

Menurut Haris, ada dua sisi kerjasama yang harus dilihat. Pertama, dari sisi benefit, apa yang akan didapatkan. Kedua, lebih daripada itu, ikut beramal (beribadah).

“Yaitu memberikan peluang kepada masyarakat seluas-luasnya bisa melaksanakan ibadah haji. Jadi, kita memfasilitasi dan ini merupakan salah satu hal yang positif buat perusahaan,” kata Haris.

Menurut Haris, kerjasama ini tidak semata-mata berorientasi pada penghasilan, tapi juga amal. Dan ini yang mungkin perlu terus digaungkan.

“Karena, menurut saya, tidak susah buat Allah untuk memajukan PT Pos Indonesia ini. Tapi, mungkin ada hal-hal yang kurang pas yang telah kita lakukan, seperti mungkin banyak pegawai yang tanpa kita sadari telah kita dzalimi sehingga doa-doa mereka itulah yang mungkin membuat kita terus seperti ini,” kata Haris.

Karena itu, kata Haris, perlu adanya keseimbangan. Jadi, selain berorientasi pada pendapatan, juga perlu untuk beramal.

Haris menambahkan bahwa secara garis besar ada tiga kerjasama dengan Gaido ini, yaitu: penerimaan setoran haji khusus, umrah dan halal travel.

“Gaido ini bukan perusahaan sembarangan. Pak Hasan Gaido (pendiri Gaido Travel & Tours) itu bukan pendatang baru dalam bisnis, tapi pemain lama. Jadi, kita tidak perlu khawatir,” pungkas Haris.

Haris pun berharap agar kerjasama ini terus digaungkan secara nasional. Karena itu, adanya sosialisasi ini perlu untuk terus dilakukan.

1

Sementara itu, Direktur Utama Gaido Travel & Tours, Edi Suyitno, mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias dengan adanya kerjasama ini.

“Karena saya melilhat, PT Pos Indonesia adalah perusahaan yang menggunakan sistem jaringan dalam bisnisnya. Jadi, dengan kerjasama ini seolah-olah kita memiliki 5500 cabang,” ujar Edi.

Sehingga, kata Edi, hal itu akan lebih memudahkan calon jamaah ketika ingin mendaftar haji khusus atau umrah ke Gaido dan melakukan proses pembayaran.

“Cukup dilakukan lewat PT Pos Indonesia,” ujar Edi lebih lanjut.

Karena itu, kata Edi, adanya sosialisasi ini sebagai bagian dari tindakan MOU yang sudah disepakati.

Edi pun kemudian berbicara soal market haji, umrah dan halal travel. Menurutnya, market haji ini sangat besar, sekitar 221 ribu.

“Dari kuota tersebut, untuk haji khusus saja sebesar 21 ribu. Jika harga haji khusus adalah 178 juta, maka akan ketemu angka 3,6 triliun untuk market haji khusus. Ini adalah market yang potensial,” ujar tambah Edi.

Sementara untuk market umrah, kata Edi, ada sekitar 1 juta jamaah umrah yang berangkat ke tanah suci setiap tahun.

“Kalau kita kalikan rata-rata 25 juta saja, ada pasar sekitar 25 triliun untuk umrah,” tambah Edi.

Untuk halal travel sendiri, kata Edi, orang-orang muslim yang melakukan pembelanjaan di bidang travel ini sekitar 140 triliun.

“Jadi, sekali lagi, saya ingin menggarisbawahi bahwa pasar ini sangat besar. Karena itu, kita bisa garap bersama-sama,” pungkas Edi.

Edi pun berharap agar sosialiasi pertama antara Gaido Travel & Tours dengan PT Pos Indonesia ini merupakan starting point untuk skala lebih luas lagi, yaitu seluruh Indonesia. (*)

LEAVE A REPLY