Hingga Akhir 2018, BPKH Targetkan Kelola Dana Haji Rp 110 Triliun

0
70
Anggota Badan Pelaksana BPKH Bidang Operasional Iskandar Zulkarnain. (foto:abi/hun)
Anggota Badan Pelaksana BPKH Bidang Operasional Iskandar Zulkarnain. (foto:abi/hun)

HAJIUMRAHNEWS – Hingga akhir tahun 2018, dana haji yang bakal dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) ditargetkan bisa mencapai Rp 110 Triliun. Sementara sampai per Juni 2018, dana haji yang terkumpul di 28 bank BPS (Bank Penerima Setoran) sebanyak Rp 103 Triliun.

Demikian disampaikan anggota BPKH Iskandar Zulkarnain dalam sebuah kesempatan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Per Juni ada dana Rp103 triliun, itu dikumpulkan 28 bank BPS,” ujar Zulkarnain.

Menurutnya, BPKH akan mampu mengelola Rp110 triliun hingga akhir tahun nanti dan pada 2019 bisa tembus hingga Rp120 triliun.

Zulkarnain menerangkan, selama ini 50 persen dana setoran haji disimpan di bank. Sisanya 50 persen akan diinvestasikan. “Bisa investasi langsung dan emas, untuk saat ini kami menggunakan instrumen investasi yang terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji, semisal untuk investasi jangka panjang yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan penginapan,” jelasnya.

Kelak, jamaah mendapat keuntungan dari nilai manfaat investasi tersebut. Keuntungan tersebut bisa dipantau melalui virtual account. Sementara soal porsi pembagiannya, sampai hari ini aturannya masih dalam pembahasan bersama DPR. “Jumlah manfaat yang didapat akan ditetapkan oleh DPR,” katanya. (hai)

LEAVE A REPLY