Sinergi BPRS HIK dengan Gaido Travel Kembangkan Pasar Haji dan Umrah

0
90
Direktur Utama BPRS HIK Alfi Wijaya dan Direktur Gaido Travel&Tours, Nana Sujana memperlihatkan Nota Kesepahaman antara keduanya dalam hal pengembangan pasar haji dan umrah di Indonesia usai penandatanganan MoU di Banten Resto, Tangerang Selatan Selasa (31/7). (foto:hun)
Direktur Utama BPRS HIK Alfi Wijaya dan Direktur Gaido Travel&Tours, Nana Sujana memperlihatkan Nota Kesepahaman antara keduanya dalam hal pengembangan pasar haji dan umrah di Indonesia usai penandatanganan MoU di Banten Resto, Tangerang Selatan Selasa (31/7). (foto:hun)

HAJIUMRAHNEWS – Animo masyarakat muslim Indonesia untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci dari tahun ke tahun terus meningkat. Setidaknya hingga saat ini ada tiga juta orang tercatat sebagai waiting list haji Indonesia dengan daftar tunggu paling lama 42 tahun. Belum lagi tren umrah sebagai gaya hidup umat Islam saat ini maupun bagi mereka yang memilih berumrah terlebih dulu sembari menunggu panjangnya antrian tersebut.

Tak heran pula, selain menjamurnya biro perjalanan haji dan umrah, banyak pihak yang mengincar potensi dan peluang pasar haji dan umrah serta halal travel. Salah satunya adalah dunia perbankan, tak terkecuali Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) yang kini ikut terjun di sektor haji dan umrah dengan berbagai produk dan layanan yang ditawarkan.

Atas dasar ini pula BPRS Harta Insan Karimah (HIK) sepakat untuk menjalin kerjasama, bersinergi dengan Gaido Travel&Tours (Gaido Travel), biro perjalanan haji khusus, umrah dan halal travel nomor satu di Indonesia.

Kesepakatan keduanya tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara keduanya yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT BPRS Harta Insan Karimah, Alfi Wijaya dan Direktur PT Gaido Azza Darussalam Indonesia, Nana Sujana di Banten Resto, Tangerang Selatan, Selasa (31/7).

Dalam sambutannya, Dirut BPRS HIK, Alfi menyampaikan melalui MoU ini, ada tiga hal yang menjadi misi HIK sebagai sebuah perbankan syariah yang terpercaya dan berpengalaman. Pertama, melalui kesepakatan ini, HIK ingin memberikan layanan terbaik bagi nasabah maupun mereka (masyarakat muslim Indonesia) yang ingin menunaikan ibadah haji dan umrah.

Kedua, HIK ingin melakukan sinergi dengan lembaga-lembaga yang bonafide dan terpercaya, diantaranya di sektor haji dan umrah. “Kita melihat sinergitas di era saat ini bukan untuk berkompetisi, tapi bersinergi dan berkolaborasi dalam hal melayani. Dan dalam hal ini kita pilih Gaido Travel,” kata Alfi.

Kemudian yang ketiga, lanjut Alfi, HIK ingin memperluas pasar. Selama  ini, segmen pasar HIK adalah para pengusaha UMKM, maka dengan tren yang ada saat ini HIK juga mencoba membidik pangsa pasar haji dan umrah melalui beberapa produk dan layanan. “Kami menyasar mereka yang berpendapatan tetap yang memang berkeinginan untuk menunaikan ibadah umrah dan haji,” katanya.

Lantas kenapa Gaido yang dipilih? Saat ditanyakan hal itu, Alfi mengatakan, pihaknya ingin bekerjasama denga lembaga-lembaga yang terpercaya dan bonafide. “Gaido Travel kami pilih karena sellain menjadi salah satu biro travel yang  terdepan, Gaido Travel memiliki track record yang bagus, terpercaya dan bonafide,” ujarnya.

Lebih lanjut Alfi menyampaikan, denga ditandatanganinya MoU tersebut, pihaknya langsung ‘tancap gas’ menggarap pangsa pasar yang sudah di depan mata. Pasalnya, HIK tidak ingin sinergitas ini hanya manis di seremonial belaka, akan tetapi harus benar-benar terimplementasikan dalam berbagai program layanan dan produk, sehingga ketiga misi tersebut tercapai dan sinergi pun makin erat.

“Mulai hari ini kita akan langsung tawarkan ke calon jamaah haji dan umrah, tak sedikit diantara mereka yang memiilki kemampuan namun rupiahnya belum terkumpul, maka berangkat umrah saja dulu, kami akan bantu pembiayaannya, mereka tinggal cicil secara syariah,” kata Alfi.

Alfi juga menjelaskan bahwa saat ini HIK merupakan BPRS terbesar dan terkemuka di Indonesia. BPRS yang hadir sejak 25 tahun lalu ini telah tersebar sembilan lokasi yang terdiri dari lima kantor cabang dan empat kantor kas.

Turut hadir menyaksikan seremoni penandatanganan MoU, founder Gaido Travel, Muhammad Hasan Gaido dan Head of Regional Gaido Travel, Samsudin.  (amm/hai)

LEAVE A REPLY