Tips Menghadapi Pengemis Musiman di Tanah Suci

0
104
Cara aman hadapi pengemis musiman di tanah suci.
Tips menghadapi pengemis musiman di tanah suci.

Hajiumrahnews – Pengemis itu di mana saja, tak terkecuali di tanah suci. Apalagi memasuki haji seperti sekarang, para pengemis yang rata-rata berusia tanggung itu semakin bejibun di sana. Tak sedikit jamaah haji asal Indonesia yang menemukan mereka. Tidak dikasih, ada di tanah suci. Kalau dikasih, tidak satu atau dua orang saja.

Jika tidak memaksa, mungkin lain ceritanya. Namun, tak sedikit pengemis yang terkesan memaksa. Dengan dalih berjualan parfum misalnya, mereka memaksa jamaah haji untuk membelinya dengan harga yang jauh lebih mahal. Diabaikan, mereka terkadang memegang pundak atau kaki para jamaah sehingga susah berjalan. Akhirnya, para jamaah pun terpaksa membelinya.

Lalu bagaimana cara menghadapi pengemis musiman tersebut?

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah, Endang Jumali berpesan kepada jamaah Indonesia khususnya, pertama jangan pernah pergi sendirian, upayakan bepergian kemanapun bersamaan.

“Jangan pernah percaya dan terlalu akrab dengan orang yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Hati-hati dan tetap waspada karena ini bukan hanya menimpa jamaah kita saja,” ujar Endang Jumali.

Namun, Endang menyarankan bila jamaah terganggu dengan siapapun baik pengemis atau orang orang asing yang berpura-pura baik, segera menemui petugas yang berjaga di sektor khusus.

“Di sekitaran Masjidil Haram itu ada sektor khusus. Banyak petugas kita yang berjaga-jaga di sana, di menara tower zamzam juga ada,” tuturnya.

LEAVE A REPLY