Tingkatkan Kemampuan SDI, Gaido Group Gelar Pelatihan Marketing Bisnis Syariah

0
67
Peserta pelatihan foto bersama usai mengikuti pelatihan sistem markting bisnis syariah di Banten Resto, Jumat (27/7)
Peserta pelatihan foto bersama usai mengikuti pelatihan sistem markting bisnis syariah di Banten Resto, Jumat (27/7)

HAJIUMRAHNEWS – Dalam rangka penguatan kemampuan dan wawasan bisnis, khususnya bisnis syariah Gaido Group menggelar pelatihan dasar pemasaran sistem marketing bisnis syariah. Pelatihan yang digelar di Banten Resto, pada Jumat, (27/7) itu  diikuti seluruh tenaga marketing dari setiap unit usaha di bawah naungan Gaido Group.

Tak tanggung-tanggung fullday training itu menerjunkan langsung seorang master of sales and marketing yang juga founder sekaligus CEO Gaido Group, Muhammad Hasan Gaido. Dalam kesempatan tersebut, Hasan Gaido mengupas tuntas persoalan sistem marketing bisnis syariah dan mempraktekkan dalam beberapa simulasi sales dan marketing.

Menurutnya, bisnis syariah adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik berdasarkan perintah Allah SWT yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya sampai sekarang. Adapun hukum ekonomi syariah adalah modal secukupnya, untung sewajarnya.

“Konsep usaha ini, bukanlah model baru, tapi sudah dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat 1400 tahun lalu,” kata Hasan Gaido.

Karena itu, kata Hasan Gaido, tak heran bila landasan bisnis syariah itu tidak lepas dari Al-Quran dan al-Hadits. Dalam hal ini, Hasan Gaido menyitir hadits riwayat Imam Bukhori dan Muslim, yang artinya sebagai berikut, “Kalau keduanya (pedagang dan pembeli) bersifat jujur dan menjelaskan (keadaan barang dagangan atau uang pembayaran), maka Allah akan memberkahi keduanya dalam jual beli tersebut. Akan tetapi kalau kaduanya berdusta dan menyembunyikan (hal tersebut), maka akan hilang keberkahan jual beli tersebut”

Untuk mencapai kesuksesan, seorang sales maupun marketing harus memiliki mindset (pemikiran) untuk membangun percaya diri yang tinggi dan kuat. Tidak hanya itu, marketing juga harus fokus pada target dengan terus menerus berusaha sampai berhasil. Kemudian, ia juga harus mengenal lebih produk-produk yang dipasarkan baik dari keunggulan mau pembedanya dari produk sejenis lainnya.

Selain itu, kata Hasan Gaido, seorang marketing itu harus memiliki 50 persen perencanaan dan sisanya ada di pelaksanaan. “Rencana hari ini boleh jadi berbeda dengan hari kemarin, semua itu disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jadi tidak semua sama, karena itu harus direncanakan terlebih dulu separohnya, sisanya dilakukan di lapangan,” katanya.

Seorang marketing, lanjut Hasan Gaido, juga harus selalu memiliki inisiatif dalam menjalankan tugasnya, bukan sekedar menggugurkan kewajiban. “Disamping memiliki integritas dan dedikasi yang unggul, seorang marketing juga harus selalu inisiatif dan pantang mundur, selalu ingin menjadi juara,” ujar pebisnis yang juga tercatat sebagai President Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC) ini.

Lalu, dalam menjalankan tugasnya sebagai marketing, Hasan Gaido juga mengharapkan para marketing mampu memaksimalkan kemampuan diri yang dimulai dari my heart, my head, my feeling, my hand dan my friend. “Artinya, dalam menjalankan bisnis, menjual atau memasarkan produk kita harus menyelaraskan antara hati dan pikiran, perasaan, apa yang dilakukan dan jaringan yang kita miliki,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Hasan Gaido juga mengingatkan kepada para peserta untuk berani tampil menjadi sales dan marketing superstar dengan selalu meningkatkan kemampuan dan wawasan. “Jadi kalau mau jadi juara, please up grading yourself,” kata Hasan mengingatkan.

Sementara Direktur Utama PT Gaido Azza Darussalam Indonesia (Gaido Travel&Tours), Edi Suyitno, dalam sambutannya mengajak para insan marketing untuk memahami dan menjalankan visi dan misi perusahaan sebagaimana yang telah diletakkan founder. Tidak hanya itu, setiap marketing harus saling bekerjasama menjadi super team dan menjadikan setiap orang memiliki tanggungjawab dan menjalankan tugas secara profesional.

“Bagi Gaido, sumber daya insani adalah bagian aset yang sangat penting, sehingga kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kemampuannya sebagai marketing dan menjadikannya sebagai profesional yang handal serta mampu bersaing di pasar global,” kata Edi sembari mengatakan bahwa kegiatan inhouse training ini merupakan bagian dari program perusahaan secara rutin dan berkala bekerjasama MarketingInternasional.

Usai pelatihan, salah seorang peserta, Hendro Priyadi mengatakan pelatihan ini tidak hanya menyampaikan materi-materi dasar dalam marketing tapi ada banyak hal yang boleh jadi di luar kebiasaan marketing biasa.

“Terima kasih untuk coaching dan ilmu tentang dasar-dasar marketing, materi yang diberikan mudah diserap dan dipahami semoga dapat langsung action. Tidak hanya mengenai dasar-dasar marketing tapi ada beberapa hal pelajaran yang dapat diambil dalam pelatihan ini,” kata Hendro yang  tercatat sebagai Head of Tours Division Gaido Travel.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Gaido Group juga menggelar pelatihan serupa bagi karyawan Bank BAF Syariah di Cianjur. (hai)

LEAVE A REPLY