5 Tips Agar Tidak Tersesat Saat di Tanah Suci

0
80
Foto: detik
Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag, Sri Ilham Lubis

Hajiumrahnews – Setiap kali musim haji atau umrah, selalu saja ada yang tersesat. Meski ada pembimbingnya, tetap saja hal-hal sepele terkadang membuat seorang jamaah bisa kehilangan arah jalan untuk kembali ke pemondokan atau hotel.

Jika Anda sedang haji atau umrah, sebaiknya mengikuti beberapa tips dari Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag, Sri Ilham Lubis ini agar tidak tersesat.

1. Bawa Kartu Nama Hotel

Jika Anda hendak bepergian bawalah kartu nama dari hotel tempat Anda menginap, biasanya selalu disediakan. Di sana umumnya ada nama dan alamat hotel. Ketika Anda tersesat dan tak mengerti bahasa Arab, kartu nama tersebut sangatlah membantu.

2. Jangan Lepas Gelang Identitas

Di dalam gelang identitas ada sejumlah informasi yang tersimpan dalam QR code. QR code pada gelang itu memuat data rinci jamaah haji, antara lain: identitas, daerah asal, termasuk nomor hotel yang ditempati selama di Arab Saudi.

Gelang jamaah haji ini terbuat dari baja putih yang bisa disebut monel atau stainless Steel. Ketebalan monel 1,2 mm BA Type 304 2B dengan unsur kimia Carbon, Mangan, Silikon, Chrom, Phospor, Sulfur. Gelang haji memiliki dimensi panjang 214,47 – 216,47 mm, lebar 10-12 mm, tebal 1,2 mm, dan berat 26 gram.

3. Bawa Peta

Peta penting untuk dibawa. Dia berfungsi sebagai penunjuk ketika jamaah tersesat maupun bisa juga membantu ketika jamaah hendak berjalan-jalan ke area lain seperti ke tempat belanja.

4. Jangan Pergi Sendirian

Jika Anda belum mengenal medan, apalagi baru pertama kali menginjak kaki di Arab Saudi, sebaiknya Anda bawa teman ketika bepergian. Sebab, jika pun kesasar Anda punya sahabat yang menemani, jadi tidak terlalu panik.

5. Pamit ke Ketua Rombongan

Apabila benar-benar tak bisa pergi beregu, setidaknya koordinasi atau pamit ke ketua rombongan. Sampaikan dengan jelas tujuan ke mana dan kapan perkiraan waktu kembali ke pemondokan. Dengan begitu, apabila si jamaah pada waktu yang telah ditentukan belum kembali, ketua rombongan bisa berkoordinasi dengan petugas haji untuk mencari jemaah tersebut.

Demikian beberapa tips agar tidak tersesat selama berada di tanah suci. Anda sedang haji atau umrah? Cobalah tips-tips di atas, insya Allah Anda tidak akan tersesat. (Eep)

LEAVE A REPLY