Hasan Gaido Ajak Santri Mulai Bekali Diri dengan Skill Entrepreneurship

0
154
Founder dan CEO Gaido Group Muhammadh Hasan Gaido, saat menyampaikan materi di Stadium General To Be Youngest Muslim Entrepreneur di Pesantren Peradaban Dunia Jagat Arsy, Tangerang Selatan Senin (23/7)
Founder dan CEO Gaido Group Muhammadh Hasan Gaido, saat menyampaikan materi di Stadium General To Be Youngest Muslim Entrepreneur di Pesantren Peradaban Dunia Jagat Arsy, Tangerang Selatan Senin (23/7)

HAJIUMRAHNEWS – Di era zaman now, persaingan di berbagai bidang sudah tidak bisa dielakkan lagi. Profesi apapun kelak yang dicita-citakan, musti dibekali dengan jiwa dan skill entrepreneurship. Karena itu, setiap muslim dituntut untuk memiliki skill sehingga bisa bersaing dan keluar sebagai pemenang.

Hal itu disampaikan Founder dan CEO Gaido Group, Muhammad Hasan Gaido dalam Stadium General bertajuk To be Youngest Muslim Entrepreneur, yang digelar Pesantren Peradaban Dunia Jagat Arsy, Tangerang Selatan, Senin (23/7).

Di hadapan pelajar, guru dan karyawan boarding school Jagat Arsy ini, Hasan Gaido, demikian sapaan akrabnya, mengajak para pelajar sekaligus santri sebagai agent of change untuk berani  tampil sebagai generasi yang ikut dan terlibat dalam pengembangan kewirausahaan dan kemandirian pelajar.

“Mulai dari sekarang, kalian para pelajar, kejar cita-cita kalian. Dan sebagai generasi penerus bangsa, nusa dan agama harus mulai mempersiapkan diri untuk menjadi leader, baik dalam dunia organisasi maupun dunia bisnis,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Hasan Gaido, memaparkan bagaimana perjuangan sosok Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersaing tampil menjadi yang terbaik di zamannya kala itu, hingga akhirnya menjadi sosok pemimpin agama, pemimpin negara yang juga berangkat dari seorang pedagang. “Ya, Rasulullah, suri tauladan kita adalah seorang pebisnis, pedagang yang amanah dan profesional, dan hingga akhirnya dia dipercaya untuk menjadi pemimpin,” ujarnya.

Begitu pula bagaimana para sahabat Rasulullah, Umar bin Khattab atau Usman bin Affan yang dikenal sebagai wirausahawan sejati yang berpegang pada ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW. “Mudah-mudahan dari Jagat Arsy ini akan lahir pengusaha-pengusaha sukses yang terus mengembangkan ekonomi syariah,” kata Hasan Gaido berharap.

WhatsApp Image 2018-07-23 at 5.37.04 PMSebagai seorang pebisnis yang komitmen untuk mengembangkan ekonomi syariah, Hasan Gaido telah meletakkan pondasi-pondasi dalam berbisnis dalam perusahaan yang dibangunnya. Pengembangan Gaido Group, lanjutnya, dibangun dengan konsep Sistem Triangle yakni Operation and Product, Sales and Marketing dan Administration and Finance. Ketiga divisi tersebut saling terkait dalam sistem yang dianut Gaido Group menjadi tanggungjawab seorang CEO atau pimpinan perusahaan.

“Konsep ini tak terlepas dari konsep iman bagi seorang muslim, yakni diitikadkan dalam hati, diucapkan dengan lisan dan dilakukan lewat perbuatan,” tegasnya.

Selain Triangle, kata Hasan Gaido, ia juga meletakkan lima tahapan untuk menuju sukses. Di antaranya Well Planning (perencanaan yang baik), Clear Goal (target yang jelas), Strategy (cara yang digunakan), Solid Team (tim yang solid) dan Smart Personal (individu yang handal). “Inilah yang oleh Gaido Group dinamakan sebagai FiveSteps How to Get Success. Dimana kelima pilar tersebut mengacu pada rukun Islam, yakni Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Haji,” katanya.

WhatsApp Image 2018-07-27 at 9.24.07 PMHasan Gaido menegaskan, setidaknya itulah yang menjadi pondasi dan pilar-pilar yang menopang Gaido Group dalam menjalankan bisnisnya sebagai sebuah entitas bisnis memiliki visi mendunia dengan inovasi tanpa batas.

“Kini, Gaido Group tampil sebagai integrated syariah business corporate, dimana bisnisnya meliputi keuangan syariah, haji khusus, umrah, halal travel, kawasan wisata halal, multimedia syariah, event organizer, kuliner halal, dan muslim lifestyle,” tegasnya.(sam/hai)

LEAVE A REPLY