Banten Kini Miliki Kawasan Wisata Halal

0
150
Cecep Arif Rahman dalam sebuah aksinya di hadapan peserta di gelaran Mudzakarah Pendekar Internasional, di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Banten, Sabtu (5/5)  lallu.
Cecep Arif Rahman dalam sebuah aksinya di hadapan peserta di gelaran Mudzakarah Pendekar Internasional, di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Banten, Sabtu (5/5) lallu.

HAJIUMRAHNEWS – Perkembangan wisata halal di Indonesia kian meningkat, tak terkecuali di Banten. Di provinsi di ujung barat Pulau Jawa itu kini telah hadir sebuah kawasan wisata halal berkelas dunia. Adalah Baduy Outbound, kawasan wisata halal seluas 12 hektar yang dilengkapi dengan delapan destinasi wisata halal.

Bahkan, sejak kehadirannya, kawasan wisata halal yang dikelola oleh PT Bisnis Banten dan diresmikan oleh Gubernur Rano Karno pada 13 Oktober 2016 lalu itu telah dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. “Selain dikunjungi turis mancanegara, beberapa event berkelas dunia pun pernah digelar di kawasan wisata halal Baduy Outbound ini,” kata Direktur Utama PT Bisnis Banten, Agus Hermawan.

Sejumlah wisatawan asing yang  pernah bertandang ke Baduy Outbound diantaranya dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Jordania, Uni Emirat Arab, dan Lebanon. Kedatangan mereka, kata Agus, memang sengaja karena penasaran dengan konsep wisata halal diantaranya wisata kuliner yang ditawarkan oleh Baduy Outbound. “Ada beberapa wisatawan mancanegara ini memang sengaja untuk berburu kuliner khas Banten yang kami tawarkan,” kata Agus.

Karyawan RS Kusta Sitanala Tangerang tengah mengikuti team building dalam kegiatan outbound yang digelar di Baduy Outbound, Serang Rabu (13/12)
Karyawan RS Kusta Sitanala Tangerang tengah mengikuti team building dalam kegiatan outbound yang digelar di Baduy Outbound, Serang Rabu (13/12)

Agus menambahkan, bahkan belum lama ini, Baduy Outbound dijadikan tempat sebagai event berkelas dunia yakni  Mudzakarah Pendekar Internasional dan Nitis Waris pada awal Mei lalu. Dalam kegiatan tersebut, kata Agus, selain para jawara Indonesia, hadir pula para pendekar dari sejumlah negara diantaranya Amerika, Swiss, Belanda dan Perancis.

“Mereka di kawasan wisata halal yang juga menjadi markas dari Padepokan Pencak Silat Gunung Karang ini, selain bertukar ilmu dan wawasan tentang pencak silat, para pendekar juga saling unjuk kebolehan,” ujarnya.

Malah, kata Agus, selain menyediakan masakan tradisional warisan leluhur Banten, di kawasan wisata halal ini pihaknya membudidayakan sejumlah tanaman berasal dari berbagai negara. Di antaranya kurma dari Arab Saudi dan Lengkeng dari Thailand. “Alhamdulillah semua tanaman buah yang kami tanam di sini tumbuh subur dan berbuah. Artinya, lahan di kawasan ini subur dan cocok untuk pohon kurma yang berbuah hingga kita panen. Begitu juga dengan lengkeng,” katanya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa di kawasan wisata halal Baduy Outboun ini, setidaknya ada delapan destinasi wisata berbeda, yaitu Wisata Outbound (Team Building, Flying Fox, Fun Games, Paintball), Wisata Alam (Tracking, Hiking), Wisata Budaya (Pencak Silat, Debus, Kerajinan Baduy, Rumah Baduy, Batik Khas Banten, Golok Ciomas).

Kemudian yang  tak kalah menariknya adalah Wisata Kuliner (Makanan Khas Banten, Nasi Liwet, Ikan, Sayur Asem, Lalapan, Sambel Gunung Karang, Sambel Dadakan), Wisata Perkebunan (Kebun Umbi-umbian, Kacang-kacangan, Sayur Mayur, Kurma dan aneka buah), Wisata Pertanian (Membajak Sawah, Menanam Padi). Ada pula Wisata Perikanan (Ikan Mas, Koi, Mujair, Gurame, Nila, Lele, Patin, Belut), Wisata Peternakan (Kerbau, Ayam, Kelinci, Marmut, Kambing, Angsa, Bebek) dan Penginapan (Cottage) yang mengusung filosofi rumah Baduy sebanyak 40 unit.

Lantas, terkait soal kehalalannya, Agus menjamin bahwa mulai dari makanan, minuman, layanan maupun fasilitas semua halal dan sesuai syariah. Pasalnya, kawasan wisata halal yang dikelola PT Bisnis Banten sebagai bagian dari Gaido Group menerapkan konsep bisnis syariah yang tentu halal. “Sesuai dengan jargon Gaido Group sebagai sebuah integrated syariah business corporate,” ujarnya.

“Jadi, di Banten kini sudah ada sebuah kawasan wisata halal yang menjadi kebanggaan masyarakat muslim Banten khususnya dan Indonesia pada umumnya,” imbuhnya. (hai)

LEAVE A REPLY