Pramuka UIN Jakarta Gelar Aksi Berbagi Makan Siang

0
129

WhatsApp Image 2018-07-13 at 3.13.47 PMHAJIUMRAHNEWS – Gerakan Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jumat (13/7) siang menggelar aksi sosial dengan membagikan paket makan siang bagi kaum dhuafa di sekitaran kampus UIN Jakarta. Program bertajuk “Berbagi Makan Siang Jumat Berkah” itu  merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka UIN Jakarta.

Dalam kesempatan itu, sejumlah anggota Gerakan Pramuka UIN Jakarta membagikan sedikitnya 45 bungkus paket makan siang kepada para pedagang kecil, pemulung, pengayuh becak, pengojek, dan pekerja galian maupun pegawai petugas kebersihan kampus UIN Jakarta.

“Kami membagikan paket nasi bungkus untuk makan siang ini merupakan cara kami untuk membantu warga yang kurang mampu, dengan sasaran para pedagang kaki lima, pengayuh becak, tukang ojek maupun petugas kebersihan, termasuk teman-teman mahasiswa,” kata Kordinator kegiatan Lina Fitri Isnaini, dalam keterangan resminya yang diterima hajiumrahnews.com, Jumat (13/7).

Menurutnya, pihaknya menggerakkan anggotanya untuk membagikan makanan di sekitar kampus dengan cara langsung dan berkeliling. Di antaranya di Jalan Ir Juanda atau di depan kampus  dan di Jalan Pesanggrahan, Ciputat Timur.

“Program Berbagi Makan Siang Jumat Berkah ini baru pertama kalinya diadakan oleh Pramuka UIN Jakarta dan rencananya akan digelar setiap Jumat siang,” ujar Lina, yang juga Ketua Dewan Racana Pandega Putri itu.

WhatsApp Image 2018-07-13 at 3.13.49 PMLina menambahkan, untuk menyediakan paket nasi bungkus, dananya diperoleh dari para donatur, terutama para senior dan alumni Racana. Dana yang terkumpul kemudian dibelikan nasi bungkus dan dikemas dalam kantong plastik ditambah segelas air mineral.

Memang, dalam kesempatan pertama ini, kata Lina, pihaknya baru menyediakan hanya beberapa bungkus nasi saja. “Kegiatan ini juga merupakan ikhtiar kami dalam rangka mewujudkan Pramuka peduli. Kami membuka kesempatan kepada para dermawan yang ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” katanya.

Lina mengungkapkan, kegiatan Pramuka UIN Jakarta peduli tak hanya dilakukan dalam bentuk pemberian nasi bungkus. Kepedulian lainnya adalah berupa bimbingan belajar bagi anak-anak pemulung dan anak-anak jalanan yang berlokasi di kawasan Pasar Ciputat. Konon, menurut Lina, kegiatan tersebut bahkan sudah berlangsung selama beberapa tahun dan dari generasi ke generasi. (hai)

LEAVE A REPLY