Melalui Tuan Rumah MTQ Sumatera Barat Berambisi Menjadi Ikon Wisata Halal

0
22
Objek wisata rumah gadang sungai beringin Payakumbuh
Objek wisata rumah gadang sungai beringin, Payakumbuh.

Hajiumrahnews – Tahun 2020 Provinsi Sumatera Barat punya target, yaitu menjadi tuan rumah MTQ tingkat Nasional ke XXVIII. Pasalnya, sudah 35 tahun sejak tahun 1983 hingga saat ini, Sumatera Barat belum pernah lagi menjadi tuan rumah ajang besar tersebut.

Target itu juga menjadi bagian dari upaya menggelorakan kembali gairah membumikan Al Quran sebagai implementasi filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) di era generasi milenial Sumbar saat ini.

Menurut Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, masyarakat Sumbar memang amat merindukan jadi tuan rumah MTQ tahun 2020 karena sudah 35 tahun sejak tahun 1983 provinsi ini tidak lagi merasakannya.

“Namun upaya menjadi tuan rumah pada ajang MTQ Nasional ke XXVIII tidaklah mudah. Pasalnya, selain Sumatera Barat, ada tiga provinsi lain yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Riau yang berminat menjadi tuan rumah,” ujar Nasrul Abit, Jumat (13/7).

Nasrul mengatakan bahwa siapa yang akan menjadi tuan rumah di antara empat provinsi ini, termasuk Sumbar, akan ditentukan pada saat acara pembukaan MTQ Nasional ke XXVII di Medan Sumatera Utara Oktober nanti.

“Kita berharap, Sumbar yang menjadi tuan rumah,” harap Nasrul.

Sumatera Barat sendiri, kata Nasrul, menghadiri launching MTQ Nasional ke XXVII di Hotel Santika Dyandra Hotel Medan pada Kamis kemarin, 12 Juli 2018. Kehadiran ini, selain memenuhi undangan panitia, juga memperlihatkan keseriusan Sumbar untuk menjadi tuan rumah MTQ Nasional berikutnya.

Sebab, pemerintah Sumbar punya target lain yaitu lewat ajang MTQ tersebut diharapkan bisa menjadi pintu masuk promosi wisata halal di sana. Sebab, pemerintah sendiri punya impian ingin menjadikan Sumbar sebagai ikon wisata halal di Indonesia.

“Kita sangat berharap sekali terpilihnya nanti Sumatera Barat sebagai tuan rumah MTQ Nasional. Saat ini kita memang ingin menjadikan Sumbar sebagai Wisata Halal dan meningkatkan kecintaan dalam membaca Al Quran,” tutupnya. (Eep)

LEAVE A REPLY