Inilah 10 Destinasi Pilihan di Uzbekistan

0
60

uzbekistan - foto shutterstockHAJIUMRAHNEWS – Tak dimungkiri lagi, Uzbekistan merupakan daratan tua di Asia Tengah yang banyak menyimpan situs peradaban Islam yang tak kalah mengagumkan. Betapa tidak, eksotisme negeri ini begitu luar biasa terpampang mulai dari hamparan padang pasir yang indah, menara-menara yang begitu memesona, bangunan makam berarsitektur oriental, sutra cantik, sulaman emas kelas dunia hingga ritual budaya Islam abad pertengahan yang menawan.

Setidaknya itulah yang digambarkan oleh mantan Duta Besar Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia, Shavkat Jamalov saat ditemui hajiumrahnews.com di sela kunjungannya ke kantor Gaido Travel&Tours (Gaido Travel)  di Jakarta, pada Senin (9/7) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Shavkat memaparkan  bahwa Uzbekistan tidak sekedar dikenal dengan negara yang memiliki penduduk wanita yang cantik-cantik saja, tapi panorama alamnya pun tak kalah cantiknya. Paling tidak negeri ini memiliki sejumlah situs peradaban kuno yang sangat menarik.

Nah, bagi Anda umat Islam Indonesia, di Uzbekistan ini ada sejumlah tempat yang patut disambangi bila bertandang ke Uzbekistan yang dihimpun redaksi berikut ini, diantaranya :

Makam Imam Bukhari

Siapa yang tak kenal dengan Imam Bukhari, perawi hadits yang populer selain Imam Muslim. Lokasi komplek makam Imam Bukhari ini di dekat Kota Samarkand. Makam Imam Bukhari berada di tengah komplek. Bangunan makam ini berbentuk kubus yang tertutup kubah sepanjang 17 meter.

Selain itu ada masjid terletak di sisi kiri halaman bagian dalam yang berkapasitas sekitar 1.500 jamaah. Masjid ini tampil dengan sentuhan komposisi warna hijau, biru, dan putih. Pada lantainya dihiasi banyak dekorasi, sedangkan di bagian dalam kubah dibalut dengan ornamen berwarna indah.

Makam Bahaudin Naqshabandi

Makam pendiri tarekat Naqshabandiyah ini terletak di pinggiran kota Bukhara, tepatnya di Kasri Orifon yang berjarak  12 kilometer dari kota Bukhara. Di komplek ini terdapat pula masjid, museum yang memamerkan perihal sufi dan sufism dan bangunan kecil madrasah.

Samarkand

Inilah kota tua yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Bangunan-bangunan tua yang tampak megah di kota ini menjadi daya tarik para wisatawan. Di kota ini pula banyak ditemukan monumen bersejarah yang masih kokoh berdiri dan menjadi bukti kejayaan peradaban Islam di masa silam. Salah satunya adalah Kubah Pirus Samarkand yang menjadi simbol arsitektur kota tua yang indah ini.

Tashkent

Selain Samarkand, juga ada Tashkent yang tak kalah populernya sebagai kota tua. Dulu kota ini dinamai Chach, Shash atau Binkent yang menjadi lokasi pemberhentian dalam rute perdagangan Jalur Sutra dari Asia menuju Eropa. Di kota tua ini, terdapat banyak tempat-tempat bersejarah, seperti Khazret-Imam Mosque, Genuine Muskhafe-Usman Koran, Amir Temur Square & Museum, Kukeldash Madrassah, Old Town, sampai Independence Square.

-bukhara

Bukhara

Inilah kota kelahiran Imam Bukhari yang juga masuk dalam jajaran kota tua yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Kota ini terletak tak jauh dari sungai Sungai Oxus atau Jeyhun atau Mulyan yang mengairi seluruh negeri Asia Tengah. Di kota ini juga banyak terdapat bangunan-bangunan tua dan unik, wisatawan dapat menikmati beragam bangunan indah yang menjadi bukti perkembangan peradaban Islam di masa lampau.

Sebut saja misalnya Benteng Arc Fortress, Chashma Ayub, Mausoleum Ismail Samani, Masjid Kalon dan Masjid Magoki Attori yang masih tetap berdiri kokoh di Bukhara sejak berabad-abad lampau.

Jizzakh

Di kota yang terletak di sebelah utara kaki Gunung Nuratau dan dekat sungai Sanzar ini selain panorama alamnya yang indah juga banyak ditemui pemukiman dan benteng-benteng kuno. Kota ini memiliki pemandangan alam yang indah.

Registan Square

Masih di wilayah Samarkand, terdapat kawasan Registan Square, sebuah komplek pendidikan dari abad pertengahan yang terdiri dari tiga gedung madrasah besar dan satu buah masjid. Registan Square menjadi tujuan wisatawan saat berada di Samarkand. Bahkan kawasan ini nyaris tidak pernah sepi dari wisatawan asing maupun lokal. Di sini Anda akan menemukan para penjual kerajinan tangan dan produk khas Uzbekistan.

Khiva

Kota Khiva memiliki arsitektural bergaya Timur Tengah . Boleh jadi kota tua ini tampak terkesan angker namun antik dan menarik minat wisatawan untuk menyambanginya. Pasalnya, selain bisa menyaksikan bangunan-bangunan tua, di kota ini juga terdapat pasar yang menyajikan berbagai macam barang hingga jajanan yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Nukus

Nukus menjadi daerah terluar yang berbatasan langsung dengan Rusia. Memang, wilayah ini masih jarang dikunjungi lantaran bukan tujuan wisata yang populer. Tapi, di Nukus terdapat peninggalan bersejarah yang unik, salah satunya Galeri Savitsky atau Museum Seni Terlarang. Di museum ini mengoleksi karya-karya seniman Rusia terkenal dari abad ke-20, termasuk karya seni Sokolov, Komarovskiy da Amaravella. Karya seni tersebut dikumpulkan oleh seorang kurator dari Karakalpakstan State Museum of Art di Sixties.

Fergana

Lembah Fergana terletak di kota Kokand yang juga menjadi bukti adanya peradaban Khanate pada abad ke-19. Di kawasan ini, sejumlah peninggalan peradaban masa lalu masih terpelihara hingga kini pada Istana Khudayar Khan. Sebuah istana termegah pada era Dinasti Kokand Khanate (1709-1876 M) di Kokand. Kota yang menjadi benteng utama  dari pemerintahan Dinasti Kokand Khanate selama 150 tahun.

Gerbang Neraka

Yang tak kalah menarik dan membuat penasaran adalah kawasan Gerbang Negara. Gerbang neraka hanyalah julukan sebuah lubang besar dengan kedalaman 30 meter yang ada di kota Davas. Dimana dari dalam lubang tersebut menyembur hawa panas, sehingga penduduk lokal menyebutnya ‘gerbang neraka’. Lubang itu pertama kali ditemukan pada 1975, pada awal penemuan, lubang itu tak sebesar seperti yang bisa dilihat saat ini.

Nah, Anda penasaran? Untuk bisa menjelajahi keindahan dan eksotisme Uzbekistan, bisa menghubungi biro travel pilihan Anda. Salah satunya adalah Gaido Travel yang bisa diakses melalui laman resminya, www.gaidotravel.com atau callcenter di nomor 08176001771. (hai)

LEAVE A REPLY