KNKS Dorong Industri Syariah Manfaatkan Teknologi

0
60
Sekretaris KNKS
Sekretaris KNKS/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.

Hajiumrahnews – Sekarang kita berada dalam dunia digital. Semua serba teknologi. Siapapun yang tak menggunakan teknologi sudah pasti akan tertinggal dengan yang lain. Hal ini pula yang disarankan oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) terkait pengembangan syariah di Indonesia. Komite ini mendorong pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan ekonomi syariah di dalam negeri.

“Teknologi harus dikembangkan oleh industri keuangan syariah ataupun sektor riil agar pangsa pasar meningkat tajam,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Ahad, 8/7).

Menurut Bambang, pihaknya bakal menyinergikan pemerintah dengan regulator untuk terus membuka potensi ekonomi dan keuangan Islam. Caranya, dengan mengintegrasikan ide dengan inovasi teknologi.

“Ekonomi syariah di luar negeri bisa melesat dengan cepat berkat bantuan teknologi. Salah satu negara yang sangat progresif mengintegrasikan teknologi ke dalam kerangka pembangunan ekonomi Islam adalah Malaysia dan Uni Emirat Arab (UEA),” ujar Bambang lebih lanjut.

Bambang menambahkan, pemerintah berkomitmen menyediakan infrastruktur serta regulasi yang relevan. Selain itu, pemerintah juga akan terus mempromosikan ekonomi dan keuangan syariah.

“Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah masyarakat dan menciptakan laju perkembangan baru. Melalui inovasi teknologi, telah tercipta digitalisasi yang mempercepat perputaran informasi yang mengubah struktur ekonomi global dan nasional,” tambahnya.

Menurut Bambang, era ini akan menjadi era ekonomi digital, menandai proses revolusioner dari apa yang disebut revolusi industri keempat atau industri 4.0.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen mempercepat pelaksanaan revolusi industri keempat. Komitmen tersebut tecermin dari peluncuran inisiatif Making Indonesia 4.0┬ádengan tujuan mengimplementasikan strategi revolusi dan peta jalan (road map) revolusi keempat di Indonesia,” pungkasnya. (Eep)

LEAVE A REPLY