Tahun 2019 Muslim Thailand Sudah Bisa Daftar Haji Melalui Ponsel

0
57

Cara Naik Haji dari Thailand

Hajiumrahnews – Kemudahan demi kemudahan dalam pelayanan ibadah haji terus dilakukan di beberapa negara, salah satunya adalah Thailand. Tak lama lagi, Muslim di Thailand sudah bisa daftar haji lewat ponsel. Hal itu mulai berlaku tahun 2019.

“Aplikasi ponsel akan diluncurkan tahun ini untuk kenyamanan mereka yang ingin melakukan haji tahun depan,” ujar Direktur Jenderal Administrasi Provinsi di Kementerian Dalam Negeri dan Sekretaris Jenderal Komite Promosi Urusan Haji Thailand, Arthit Boonyasophat.

Saat ini, Muslim Thailand dapat mendaftar untuk haji dengan perusahaan operator haji atau dengan mengunjungi kantor distrik di daerah mereka. Aplikasi seluler baru ini akan menyediakan sarana ketiga yang sangat mudah untuk pendaftaran haji. “Ini adalah salah satu langkah pertama yang harus diambil oleh Kementerian Dalam Negeri untuk mempermudah Muslim Thailand melakukan haji,” kata Arthit seperti dilansir Saudi Gazette, (6/7).

Dia menjelaskan bahwa pada tahun 2016 pemerintah Thailand mengubah Undang-undang Promosi Urusan Haji tahun 1981 yang mengalihkan tanggung jawab untuk urusan Haji dari Kementerian Kebudayaan ke Kementerian Dalam Negeri. Direktur Jenderal membuat pernyataan ini selama wawancara dengan Saudi Gazette di Bangkok.

Ketika ditanya alasan pengalihan ini, dia berkata: “Kementerian Dalam Negeri memiliki kehadiran dan mekanisme domestik yang kuat di setiap tingkat negara. Ada pejabat kementerian di setiap provinsi, distrik, kecamatan dan desa di Thailand. Ini memungkinkan kementerian untuk memfasilitasi prosedur bagi Muslim Thailand, yang sebagian besar tinggal di bagian selatan negara itu, untuk melakukan haji. ”

Sebagai hasil dari transfer itu, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini adalah yang pertama sepenuhnya diawasi oleh Kementerian Dalam Negeri Thailand. Ini dilakukan saat mereka mengambil alih dari Kementerian Kebudayaan pada pertengahan tahun lalu.

Direktur Jenderal menunjukkan bahwa Kementerian Dalam Negeri mengetahui nama dan lokasi setiap orang yang telah mendaftar untuk haji. Kementerian meneruskan informasi ini kepada petugas distrik yang relevan. Petugas medis distrik memberikan informasi kesehatan kepada setiap orang yang terdaftar di distriknya baik secara individu atau dalam kelompok. Dia kemudian merujuk mereka yang mungkin memiliki masalah kesehatan kepada dokter untuk menentukan apakah mereka mampu melakukan haji secara fisik.

Pendaftar juga diberi orientasi mengenai kemungkinan masalah kesehatan yang mungkin timbul saat melakukan haji. Mereka juga menghadiri orientasi, yang mencakup masalah budaya dan administrasi, serta bimbingan dari pejabat senior Islam tentang bagaimana melakukan haji.

“Semua informasi tentang peziarah masuk dalam komputer kementerian sehingga sekilas dapat dilihat bahwa seseorang telah terdaftar dengan perusahaan operator haji tertentu telah didampingi seorang petugas medis atau dokter distrik, telah menghadiri orientasi dan memiliki telah disertifikasi secara fisik mampu melakukan haji,” ujar Arthit lebih lanjut.

Di Arab Saudi sendiri Thailand menyiapkan 130 staf yang mewakili Kementerian Dalam Negeri Thailand, Kementerian Kesehatan dan lembaga lain yang akan memberikan bantuan dan dukungan bagi para peziarah Thailand. Banyak dari pejabat ini telah mengunjungi Makkah dan Madinah untuk membuat persiapan lebih awal. (Eep)

 

LEAVE A REPLY