450 Ribu Warga Saudi Daftar Haji

0
29

jamaah-haji-padati-jabal-rahma-_170831221053-155

Hajiumrahnews – Sebentar lagi memasuki musim haji. Setiap negara mengirimkan jamaahnya untuk pergi haji. Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia adalah negara dengan pengirim jamaah haji terbanyak di dunia (di luar Arab Saudi), yaitu 221.000.

Lalu bagaimana dengan Arab Saudi sendiri?

Sebagaimana tertulis di e-portal Kementerian Haji dan Umrah, lebih dari 450 ribu jamaah domestik Arab Saudi yang akan melakukan haji tahun ini. Proses pendaftaran yang dibuka sejak 29 Mei telah ditutup pada Selasa (3/7).

“Sekitar 375 ribu orang telah terdaftar dalam haji yang difasilitasi dan murah. Lebih dari 75 ribu memilih kategori umum. Riyadh memimpin semua kota dalam jumlah jamaah domestik, diikuti Makkah dan Dammam,” ujar Kementerian.

Melalui e-portal, kementerian memungkinkan semua jamaah meninjau layanan yang disediakan perusahaan haji lokal dan harganya sehingga mereka dapat memilih berdasarkan pendapatan dan kemampuan keuangan. Mulai awal Juli, kementerian mulai mengumpulkan dana secara elektronik dan memenuhi kursi kuota sebelum mengeluarkan izin haji bagi mereka.

Menteri Kesehatan Tawfiq Al-Rabeea mengatakan, kementeriannya bertekad mempersiapkan semua fasilitas kesehatan terbaik di Makkah, Madinah dan tempat-tempat suci lainnya.

“Kami akan menyediakan fasilitas ini dengan peralatan medis yang memadai, obat-obatan, dan tenaga kerja,” katanya dilansir diĀ Saudi Gazette, Rabu (4/7).

Rabeea memeriksa rumah sakit, pusat kesehatan dan klinik di Makkah dan tempat-tempat suci pada Selasa. Inspeksi dilakukan untuk memastikan kesiapan dalam memberikan perawatan medis kepada para tamu Allah. Ia menginstruksikan staf medis mengerahkan upaya maksimal dan memastikan kesejahteraan jamaah.

Ada 25 rumah sakit umum di Makkah dan tempat-tempat suci yang akan melayani jamaah. Selain itu, ada sekitar 155 pusat kesehatan yang memiliki lebih dari 5.000 tempat tidur. Kementerian juga akan menyediakan 180 ambulans yang terdiri dari 80 kendaraan besar dan 100 kendaraan kecil. (Eep)

LEAVE A REPLY