Dirjen PHU Evaluasi Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin

0
49

dirjen-penyelenggara-haji-dan-umrah_20180706_115844

Hajiumrahnews – Status Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru masih belum bertaraf internasional. Karena itu, bandara ini belum bisa memberangkatkan jamaah haji dan umrah ke tanah suci.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Nizar Ali akan mengevaluasi kondisi ini. Dia akan mendorong agar daerah di Banjarmasin tetap bisa menaikkan status bandaranya ke internasional.

“Karena standar embarkasi adalah bandara internasional. Nanti kalau gak gitu bisa menjadi iri daerah lain,” kata Nizar Ali di sela acara pengukuhan panitia penyelenggaraan ibadah haji embarkasi Banjarmasin di Asrama Haji (Jumat, 6/7).

Menurut Nizar Ali, pihaknya tidak akan mengurangi jatah kloter dari Banjarmasin meski status bandaranya belum internasional.¬†“Maka itu kami dorongkan agar segera diurus izinnya naik kelas,” kata dia.

Sementara Asisten III Pemprov Kalsel, Syamsir Rahaman mengatakan bahwa evaluasi itu sebagai dorongan agar status bandara cepat internasional. “Insya Allah tahun ini izinnya selesai,” kata Syamsir Rahman.

Sementara diketahui, tahun 2018 ini jamaah haji Kalsel sebanyak 3.831, ditambah lima kloter Kalteng sebanyak 1.617 jamaah. Pemberangkatan pertama masuk asrama tanggal 18 Juli dan berangkat tanggal 19 Juli 2018.

“Itu gelombang pertama, adalah Kloter 1 dari Banjarmasin,” kata kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Noor Fahmi. (Eep)

 

LEAVE A REPLY