Di Yogyakarta, Daftar Tunggu Haji Sampai 20 Tahun

0
43

ratusan-ribu-jamaah-haji-membuat-jalan-mereka-untuk-melemparkan-_150925145341-886

Hajiumrahnews – Untuk pergi haji, seseorang memang harus menunggu waktu yang amat lama. Bahkan, di beberapa daerah ada yang sampai puluhan tahun. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri daftar tunggu haji hingga 2038. Calon haji yang mendaftar pada 2018 akan diberangkatkan 20 tahun mendatang.

Menurut Lutfi Hamid, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY, daftar tunggu haji di Yogyakarta panjang sekali. Karena orang yang berminat mendaftar memang semakin meningkat.

“Hingga saat ini Kemenag terus mengupayakan daftar tunggu yang terlalu panjang tersebut bisa diperpendek dengan mengupayakan tambahan kuota pada tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Menurut Lutfi, pihaknya akan terus mencoba mencari celah agar (daftar tunggu haji) bisa diperpendek.

“Sangat memungkinkan Kemenag melakukan diplomasi dengan negara-negara lain yang jumlah kuota hajinya masih banyak tersisa,” ujarnya lebih lanjut.

Meski demikian, kata Lutfi, khusus calon haji lanjut usia (lansia) dengan usia minimal 75 tahun dapat mengajukan prioritas percepatan keberangkatan.

“Yang melakukan percepatan itu untuk sementara didominasi warga di perkotaan. Kalau di perdesaan khususnya di luar Jawa masih kesulitan mendapatkan akses itu, belum lagi kalau ada gangguan jaringan,” kata dia.

Untuk keberangkatan tahun ini,  ia menyebutkan sebanyak 3.131 calon haji yang 25 orang di antaranya merupakan petugas daerah. Mereka rata-rata telah mendaftar sejak 2011 lalu, namun demikian ada pula yang sudah mendaftar sejak 2008, namun baru bisa berangkat tahun ini karena beberapa hal.

“Untuk tahun ini haji lansia mencapai 20-25 persen dengan rentang usia 65-70 tahun ke atas,” pungkas Lutfi. (Eep)

 

LEAVE A REPLY