Kini, Pusat Embarkasi Umrah Tak Lagi di Jakarta

0
29

azhar-gazali-berfoto-bersama_20180705_125827

Hajiumrahnews – Anda ingin pergi umrah? Tidak ada salahnya jika mengunjungi Islamic Tourism Expo (ITE) 2018 yang sedang berlangsung di Hotel Claro (eks Clarion) Jl AP Pettarani Makassar, Kamis (5/7/2018).

Sebanyak 32 exhibitor internasional dari Timur Tengah, 30 exhibitor nasional dan lokal, serta 8 supporting industri mengisi 70 booth yang disediakan penyelenggara Arrayyan Multi Kreasi (AMK).

“Makassar patut berbangga karena dipilih menjadi salah satu destinasi persinggahan exhibitor International ini,” ujar Azhar Gazali, Representative Leader ITE 2018 di Makassar

Menurut Azhar, bukan tanpa alasan memilih Makassar sebagai forum B2B.

“Kota Makassar sengaja dipilih karena kota ini merupakan pusat distribusi dan kota transit utama di Indonesia bagian timur,” katanya.

Pameran series secara roadshow digelar di beberapa negara seperti, Saudi Arabia, Pakistan, India, Turki, Malaysia, dan khusus di Indonesia digelar di Makassar dan Jakarta.

Menurut Azhar, penyelenggaraan pameran di luar ibukota Negara juga menunjukkan kecenderungan terkini, di mana embarkasi tidak terpusat lagi di Jakarta, tapi sudah menyebar di berbagai kota besar di Indonesia.

“Tahun lalu di Jakarta, pameran ini menyedot sekitar 40 ribu pengunjung dengan exhibitor dari berbagai begara seperti Timur Tengah, Afrika Utara, Central Asia, hingga Asia Timur,” ujarnya.

Menurut Azhar, exhibitor internasional yang ikut terdiri dari berbagai bidang, seperti perhotelan, tour operator, transportasi, airlines, catering services, dan provider visa.

“Tahun ini ITE sengaja digeser dari Jakarta ke Makassar, melihat tren pasar umrah dan wisata muslim yang kini mulai banyak bergeser ke daerah. Tak salah kami menargetkan Rp 60 M transaksi selama 2 hari,” kata Ketua Amphuri Sulampua itu.

Ketua DPD Kesthuri Sulsel Usman Jasad menambahkan, pada pameran internasional pertama di KTI ini, rerata travel agent tersertifikasi menawarkan harga umrah mulai Rp 20,5 juta.

“Bahkan akan ada spesial price yang travel agent berikan. Mulai dari cashback, diskon, dan tambahan lainnya,” katanya.

Ia pun berharap event ini menjadi agenda rutin yang dinanti-nantikan, di mana para agent tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta melihat pameran dan bertemu dengan vendor dari timur tengah, tetapi mereka terus menjadi tuan rumah. (Eep)

 

 

LEAVE A REPLY