Jamaah Haji Wanita Asal India Catat Rekor

0
21
Jamaah Haji India
Jamaah Haji India

Hajiumrahnews – Jamaah haji asal India mengalami peningkatan tajam tahun ini, terutama kaum wanita. Hal ini disebabkan efek dari adanya perubahan kebijakan haji di India.

Dilansir di New Indian Express pada Ahad (1/7), Kementerian Urusan Minoritas India yang mengurusi ibadah haji menyatakan bahwa lebih dari 47 persen dari total jumlah calon jamaah haji tahun ini adalah wanita.

“Itu merupakan representasi tertinggi wanita dalam ibadah haji dari India,” ujar Menteri Urusan Minoritas India, Mukhtar Abbas Naqvi.

Sebagaimana dilansir media tersebut, tahun ini pemerintah India memberangkatkan sekitar 175.025 orang. Jika jumlahnya 47%, berarti jamaah wanita asal India yang berangkat tahun ini sekitar 82.262 orang. Sebuah jumlah yang banyak tentunya.

Yang menarik, selain jumlah yang bertambah, mulai tahun ini jamaah haji perempuan juga diperbolehkan untuk tidak ditemani oleh kerabat laki-laki sebagaimana yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Syaratnya, para wanita yang berada dalam kategori baru itu, harus berada dalam kelompok dan berusia di atas 45 tahun. Sebenarnya, peraturan itu disahkan otoritas Saudi bertahun-tahun lalu dan diadopsi oleh banyak negara. Saat ini, India baru bisa menerapkan kebijakan tersebut.

India mendapat 175.025 kuota haji tahun ini. Dari jumlah total calon jamaah haji, sebanyak 122.971 berada di bawah naungan skema haji pemerintah. Sisanya, melalui operator tur swasta (PTO).

Menurut rincian, calon jamaah melalui Komite Haji India (HCOI) yang dikelola oleh kementerian, persentase calon jamaah haji berada dalam kisaran 45 persen dari total kuota selama lima tahun terakhir. Persentase wanita pada 2013, 2014, 2015, dan 2016 masing-masing mencapai 45,82 persen, 45,24%, 45,05 persen, dan 45,57 persen.

Tahun lalu, persentase jamaah wanita yang melalui HCOI menyentuh angka 46 persen, dan tahun ini telah meningkat lebih jauh menjadi 46,9 persen.

Pejabat senior dari kementerian menyebut jumlah jamaah wanita yang pergi haji tahun ini, merupakan yang tertinggi.

Kebijakan yang memungkinkan wanita berhaji tanpa kerabat laki-laki, merupakan faktor yang menyebabkan kenaikan itu. Sebanyak 10 negara bagian mengirim total 1.308 perempuan India untuk haji di bawah kategori baru, di antaranya Kerala (1.124 jamaah) dan sisanya dibagi Benggala Barat, Uttar Pradesh, Karnataka, Tamil Nadu, Maharashtra, Rajasthan, Puducherry, Madhya Pradesh Assam, dan Uttarakhand.

Selain itu, peningkatan jumlah perempuan yang berhaji tanpa mahram, membuat kementerian menyiapkan skema haji rumit untuk menjamin keselamatan dan keamanan mereka. Untuk pertama kalinya, para koordinator haji wanita dan asisten haji dikirim untuk membantu calon jamaah haji wanita. Sebanyak 98 wanita petugas haji dikirim ke Arab Saudi untuk tujuan itu. (Eep)

LEAVE A REPLY