Aneh! Jamaah Haji Qatar Tak Bisa Pakai Qatar Airways

0
19

qatar-airways-_140806041557-282

Hajiumrahnews – Jamaah haji dari berbagai penjuru dunia yang akan datang pada musim haji 1439 H (tahun ini) diperkirakan sekitar dua juta orang. Inilah yang disimpulkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Namun, akibat embargo Arab Saudi (bersama Bahrain dan Uni Emirat Arab) terhadap Qatar karena tuduhan membantu aksi terorisme sejak Juni 2017, jamaah dari Qatar mengalami banyak kendala, terutama soal sarana transportasi. Meski, pemerintah Arab sendiri siap menyambut kedatangan mereka, terutama saat melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Seperti diansir Saudigazette, (1/7), bagi warga negara Qatar yang ingin melakukan haji, pemerintah Saudi menyatakan mereka dapat mendaftar melalui situs web Kementerian Haji dan Umrah. Link ini akan tersedia selama bulan Dzulqa’da tahun ini, di mana mereka dapat kontrak untuk layanan yang mereka butuhkan (perumahan, transportasi) baik di Makkkah maupun Madinah serta tempat-tempat suci lainnya.

Mereka mendapat hak layanan yang sama dengan peziarah haji lainnya dari seluruh dunia. Para jamaah asal Qatar kedatangan dan keberangkatan akan terjadi melalui Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah. Mereka bisa datang dengan semua maskapai, kecuali Qatar Airways.

Kementerian Haji Umrah Arab Saudi juga menegaskan bahwa pemerintah Arab Saudi pasti menyambut para peziarah dari semua bangsa, sekte dan ras dari seluruh dunia dan berusaha memberikan layanan terbaik untuk  mereka.

“Tujuannya hanya satu yakni memungkinkan para peziarah haji melakukan ritual besar ini secara mudah dan nyaman dari saat kedatangan mereka sampai mereka meninggalkan Arab Saudi,” ujar Kementerian Haji Umrah Arab Saudi sebagaimana ditulis oleh Saudigazette. (Eep)

LEAVE A REPLY