Inilah 10 Wilayah Pelopor Wisata Halal di Indonesia

0
85

lombokHAJIUMRAHNEWS – Tak dimungkiri lagi, Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia. Indonesia pun memiliki banyak potensi pariwisata yang terbentang dari ujung barat Sabang hingga ujung timur Merauke. Tak terkecuali wisata halal, dimana pelayanan wisatawan dalam wisata halal merujuk pada aturan-aturan Islam.

Dalam hal ini, salah satu bentuk dari pelayanan wisata halal adalah hotel yang tidak menyediakan makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan babi, memiliki kolam renang serta fasilitas spa yang terpisah untuk pria dan wanita. Selain hotel, transportasi dalam industri pariwisata halal juga memakai konsep Islami. Penyedia jasa transportasi juga memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim dalam pelaksanaan ibadah selama perjalanan.

Industri wisata halal di Indonesia saat ini terus berkembang pesat di berbagai daerah. Setidaknya, ada 10 wilayah di Indonesia yang memelopori aktivitas wisata halal. Diantaranya

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

Lombok adalah salah satu wilayah yang menyediakan wisata halal terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meraih World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon 2015 serta pemenang Wisata Halal Indonesia 2016.  Pulau ini juga berhasil meraih penghargaan Pariwisata Halal Terbaik Indonesia tahun 2016.

Lombok dijadikan sebagai tempat wisata halal terbaik karena memiliki pemandangan alam yang hijau, pantai yang indah, dan Lombok juga dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid dimana para wisatawan muslim akan lebih mudah  untuk melakukan ibadah.

Untuk wisata kuliner, Pulau Lombok yang mayoritas penduduknya muslim tentunya makanan yang disajikan sudah tentu halal. Di wilayah ini Anda akan dimanjakan dengan tempat-tempat wisata halal yang indah dan menakjubkan seperti Gunung Rinjani, Danau Segara Anak, Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi dan Wisata Pulau seperti ke Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air serta Pulau Moyo.

Hotel-hotel di Pulau Lombok sudah menerapkan penginapan Muslim Friendly seperti petunjuk arah kiblat, peralatan sholat, kitab suci di dalam kamar dan lain sebagainya.

DKI Jakarta

Jakarta sebagai ibukota negara mulai berbenah diri mengembangkan pariwisata muslim friendly. Setidaknya hal itu ditunjukkan saat ini di Jakarta sudah banyak mall yang melengkapinya dengan mushola yang bersih dan rapi bahkan ada yang seperti masjid. Selain berbelanja atau sekedar makan, pengunjung mall diberi kemudahan untuk beribadah.

Di ibukota Jakarta juga telah ada bus pariwisata yang siap melayani untuk mengelilingi tempat-tempat wisata di Jakarta. Jika waktu sholat tiba, bus-bus ini akan singgah ke Masjid Istiqlal atau masjid-masjid yang dilaluinya. Di Jakarta juga sudah banyak ditemukan restoran-restoran bersertifikat halal termasuk pada restoran bertaraf internasional.

Tempat-tempat wisata halal lainnya yang wajib Anda kunjungi di Jakarta adalah Kota Tua, Monas, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, Pantai Ancol, Dunia Fantasi Ancol atau Gelanggang Samudra serta Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Batam, Kepulauan Riau

Pemerintah Batam, Provinsi Kepulauan Riau menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dengan tema Wisata Halal karena Kota Batam yang mayoritas penduduknya muslim. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerjasama antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan pemerintah Batam untuk mendorong pelaku usaha Wisata Kuliner agar mendaftarkan sertifikasi halal pada produk usahanya.

Pemerintah kota Batam juga mendorong pelaku usaha baju muslim untuk terus mengembangkan usahanya. Anda dapat berlibur dengan nyaman, tenang dan mudah untuk beribadah pada beberapa tempat wisata andalan seperti Pantai Nongsa, Wisata Belanja Batam City Square, Pantai Melur, Ocarina Park, Objek Wisata Kampung Vietnam, Pantai Sekilak, Wisata Belanja Nagoya, Pantai Melayu, Pantai Tanjung Bemban, Jembatan Barelang, Pantai Marina atau Wisata Kuliner Golden Prawn yang sudah bersertifikat halal.

Nangro Aceh Darussalam

Provinsi paling barat di Indonesia melalui pemerintah kota Banda Aceh telah mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu tempat wisata halal terbaik di Indonesia. Salah satu yang dilakukan adalah merencanakan trans kota dengan 30 unit armada yang bisa mengelilingi kota Banda Aceh.

Selain itu akan dibangun sekolah madani center, dikomplek s sekolah dilengkapi dengan sebuah covention hall yang dapat menampung sekitar empat ribu orang, kebun raya, Museum Banda Aceh, Pusat Kebudayaan Islam dan Pendidikan Halal, Arsitektur bangunan-bangunan baru yang akan menggunakan arsitektur Islami.

Pemerintah Kota juga akan melakukan pendekatan-pendekatan kepada organisasi negara-negara Islam (OKI) dan Islamic Develovment Bank (IDB.) Aceh menawarkan diri menjadi tuan rumah pada pertemuan-pertemuan internasional seperti muzakarah ulama  se-Asia atau Timur Tengah.

Tidak hanya itu, pemerintah juga mengintensifkan kembali komunikasi dengan organisasi-organisasi internasional yang pernah membantu Aceh tatkala peristiwa gempa besar dan tsunami dahsyat yang meluluhlantahkan Bumi Serambi Mekah.

Jawa Barat

Jawa Barat merupakan daerah dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di Indonesia. Saat ini pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengembangkan konsep wisata halal di beberapa tempat wisata andalan Jawa Barat seperti Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, Grand Canyon, Kawah Putih, Taman Safari Indonesia, Masjid Kubah Emas, Ciater, Wisata Lembang dan lain-lain.

Untuk destinasi wisata Islami di Jawa Barat, pemerintah provinsi sedang mempersiapkan pembangunan replika Museum Assalamualaika Ayyuhan Nabi dan Masjid Terapung di Gedebage, Bandung.

Yogyakarta

Wisata halal semakin banyak diburu oleh wisatawan muslim dan muslimah tanah air dan mancanegara. Hal ini membuat para pelaku bisnis pariwisata mulai berbenah dan mulai merespon konsumen dunia wisata tak terkecuali Yogyakarta yang mulai berbenah mengembangkan pariwisata halal. Tempat wisata andalan Yogyakarta meliputi wisata alam, wisata gua, wisata pantai, wisata sejarah dan budaya maupun wisata buatan.

Saat ini sudah mulai diterapkan hotel syariah dan kuliner syariah yang diyakini dapat membuat wisatawan muslim merasa aman, nyaman dan mudah menjalankan aktivitas keagamaan selagi berwisata.

Sumatera Barat

Sebagai daerah yang mayoritas penduduknya muslim, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi salah satu tempat wisata halal terbaik di Indonesia yang wajib Anda kunjungi. Di Sumatera Barat, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat yang indah dan mempesona seperti Lembah Harau, Istana Pagaruyung, Jam Gadang, Pantai Pemutusan, Pantai Pagang, Puncak Lawang dan masih banyak lagi. Beragam masakan khas Sumatera Barat yang terkenal lezat sudah pasti dijamin halal.

Jawa Timur

Pembangunan infrastruktur di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Malang membuat Kota Malang menjadi kota friendly sebagai tujuan wisata halal terbaik di Indonesia. Kota Malang, misalnya memiliki infrastruktur yang memadai seperti bandara.

Banyaknya tempat wisata indah dan mempesona juga sangat mendukung pariwisata seperti Pegunungan Bromo, Tengger, Semeru, Pantai Plengkung, Gua Gong, Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Sendang Biru dan lain sebagainya. Malang juga mendapatkan julukan kota kuliner terbaik di Indonesia.

Tak hanya itu sejumlah lokasi wisata di kota Malang juga sudah ramah dengan tempat ibadah. Di sejumlah hotel di Malang telah memiliki fasilitas ibadah seperti penunjuk arah kiblat, perangkat shalat, Alquran maupun kitab suci agama lainnya. Pada kamar mandi juga telah dilengkapi dengan jet shower dan tempat wudhu.

Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah memiliki wilayah yang berpotensi besar sebagai salah satu destinasi halal Indonesia yang wajib Anda kunjungi. Di Jawa Tengah, Anda dapat menikmati keindahan Candi Borobudur yang telah difasilitasi dengan standar wisata halal seperti keberadaan masjid dan kuliner berlabel halal.

Beberapa tempat wisata halal unggulan Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi antara lain Masjid Agung Jawa Tengah, Taman Nasional Karimunjawa, wisata halal Semarang dan masih banyak lagi yang akan membuat Anda aman, nyaman dan mudah menjalani aktivitas keagamaan buat Anda saat berlibur ke Jawa Tengah.

Sulawesi Selatan

Tidak hanya Pulau Lombok, Aceh atau Sumatera Barat saja, provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pun siap menyambut wisatawan muslim mancanegara dan nusantara untuk berkunjung ke Sulsel. Dengan wilayah mayoritas berpenduduk muslim, Sulsel menjadikan tempat-tempat wisata andalannya telah memenuhi standar halal sehingga wisatawan muslim yang datang berkunjung ke Sulsel akan melakukan aktivitas keagamaanya dengan mudah seraya menikmati keindahan pesona alam Sulsel.

Anda dapat mengunjungi rumah adat Tongkonan di Toraja dan rumah panggung Bugis. Selain itu, Anda dapat menikmati suguhan wisata alam, budaya dan religi di Rantepao dan Tana Toraja yang memiliki daya magic dengan batuan megalitikumnya.  Jangan sampai Anda lewatkan panorama sunset yang indah di Pantai Losari, keindahan bawah laut Pulau Samalona, Taman Nasional Taka Bonerate yang eksotis, Masjid Terapung Al-Makazzary, Masjid Katangka dan Makam Sultan Hassanudin.

Indonesia sebaiknya tidak usah diragukan lagi untuk wisata halal karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Anda sebaiknya merasakan terlebih dahulu keindahan negara sendiri karena sebagai muslim Anda tidak perlu khawatir atau was-was tentang kehalalan makanan atau ketertinggalan waktu shalat.

Jika Anda sudah mengunjungi semua destinasi halal pada 10 wilayah Indonesia ini maka Anda sudah membantu untuk memajukan pariwisata Indonesia. Biro travel Gaido Travel&Tours sebagai biro travel haji, umrah dan halal travel nomer 1 di Indonesia banyak menyediakan paket-paket halal travel menjelajahi alam nusantara. Informasi lebih lanjut bisa kunjungi website resminya gaidotravel.com. (hai)

LEAVE A REPLY