Sedekah ala Dua Kota Suci

0
142

WhatsApp Image 2018-06-12 at 12.05.38 AMHAJIUMRAHNEWS – Ramadhan bulan penuh rahmat memang benar adanya. Buktinya, kaum muslimin berlomba-lomba untuk meraih keberkahan dengan berbagi kepada sesama umat yang tengah menunaikan ibadah puasa. Salah satunya adalah ‘tradisi’ sedekah warga Arab Saudi, khususnya di dua kota suci, Mekkah dan Madinah.

Kebiasaan umat Islam jelang berbuka puasa, berlomba untuk memberikan makanan untuk berbuka. Sepanjang Ramadhan kemarin, banyak meja berjejer di pinggir jalan layaknya restoran.

Bahkan bila tidak cukup, hamparan karpet pun digelar di depan halaman Masjid Nabawi, Madinah. Tampak sejumlah truk besar yang mengangkut bahan makanan dan minuman terparkir di sekitar masjid. Pemandangan serupa tampak di sekitar Masjidil Haram, Mekkah.

Segala hidangan menu berbuka puasa tersaji, seperti nasi ayam, roti, aneka jus buah, buah-buahan segar, susu dan kurma. Hidangan spesial Ramadhan itu jumlahnya bisa mencapai ribuan porsi.

Anehnya, asal muasal sedekah itu selalu dirahasiakan dan tidak boleh dipublikasikan. Jangan harap Anda akan mendapat jawaban pasti, siapa orang yang telah menyedekahkan begitu banyak makanan itu. Kalaupun bertanya kepada petugas di sana, Anda akan mendapat jawaban yang singkat; dari hamba Allah.

Dan memang benar, ketika hajiumrahnews.com bertanya kepada Jamiil, seorang petugas yang tengah menyiapkan hidangan di pinggir jalan di sekitar Madinah hanya mengatakan, “maaf ini tidak boleh dipublikasikan siapa orang yang bersedekah, saya hanya menjalankan tugas. Kami tidak bisa memberitahu siapa orangnya.” (mhg)

LEAVE A REPLY