Macam-Macam Thawaf yang Musti Jamaah Pahami

0
24
Jamaah haji saat melakukan thawaf. (foto:ist)
Jamaah haji saat melakukan thawaf. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS–Anda hendak menunaikan ibadah haji atau berumrah di Tanah Suci? Maka thawaf adalah rukun wajib dari ibadah haji maupun umrah. Dan pastinya anda sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan terkait ritual rangkaian ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima. Pun dengan dengan umrah, thawaf wajib Anda lakukan.

Thawaf menurut bahasa artinya: berputar mengelilingi sesuatu. Dalam hal ini, (seseorang) berputar mengelilingi Ka’bah. Sedangkan menurut istilah, thawaf adalah berputar mengelilingi Ka’bah 7 kali putaran untuk menghormati Baitullah Al Haram dan menaati perintah Allah.

Hal ini sebagaimana firman-Nya “Dan hendaklah kalian  thawaf di Baitul ‘atiq.” (QS.22:29). Dimana setiap putarannya dimulai dari Hajar Aswad atau yang sejajar dengannya dan Ka’bah berada di sebelah kiri serta berakhir di Hajar Aswad (atau yang sejajar dengannya).

Tahukah anda dalam pelaksanaannya, ada beberapa macam thawaf. Berikut adalah macam-macam thawaf, diantaranya:

 Thawaf Qudum

Thawaf Qudum biasa juga disebut dengan thawaf wurud atau thawaf tahiyyah. Karena thawaf ini disyariatkan bagi orang yang datang dari luar Mekkah sebagai penghormatan kepada Baitullah (Ka’bah). Thawaf qudum juga disebut thawaf liqa’.

Thawaf Ifadah

Thawaf Ifadah atau thawaf ziarah merupakan salah satu rukun haji yang telah disepakati. Thawaf ifadah juga disebut thawaf rukun karena ia merupakan rukun haji. Thawaf ini tidak bisa tergantikan. Setelah arafah, mabit di Muzdalifah lalu ke Mina pada hari ‘ied, melempar jumrah, nahar (melakukan penyembelihan) dan menggunduli kepala, kemudian ke Mekkah, untuk melakukan thawaf ifadah.

Thawaf Wada’

Thawaf wada’ biasa disebut pula thawaf shadr atau thawaf akhirul ‘ahd. Menurut jumhur ulama, hukumnya wajib, kecuali mazhab Imam Maliki yang menghukumi sunnah.

Thawaf Umrah

Thawaf Umrah merupakan salah satu rukun umrah.

Thawaf Nadzar

Thawaf Nadzar hukumnya wajib (bagi orang yang telah bernadzar) dan tidak dikhususkan pada waktu tertentu jika memang orang yang bernadzar tidak mengkhususkan waktu thawafnya pada waktu tertentu.

Thawaf Tathawwu’ (Thawaf Sunnah)

Thawaf yang dapat dilakukan kapan saja, bahkan bisa pula dilakukan di waktu terlarang untuk sholat sebagaimana pendapat mayoritas ulama. Namun thawaf seperti tidak boleh dilakukan jika memang masih memiliki kewajiban lainnya. (hai)

LEAVE A REPLY