Mengenal Gelang Jamaah Haji, Tahun ini Dilengkapi dengan QR Code

0
30
Gelang jamaah haji tahun ini dilengkapi dengan QR Code. (foto:ist)
Gelang jamaah haji tahun ini dilengkapi dengan QR Code. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Gelang jamaah haji menjadi satu dari sekian banyak aksesoris yang diberikan pemerintah kepada jamaah dan petugas haji. Gelang ini memiliki fungsi tersendiri, utamanya yaitu memuat informasi penting terkait identitas sang pengguna.

Gelang tersebut terbuat dari baja putih yang bisa disebut monel atau stainless Steel. Ketebalan monel 1,2 mm BA Type 304 2B dengan unsur kimia Carbon, Mangan, Silikon, Chrom, Phospor, Sulfur. gelang haji memiliki dimensi panjang 214,47 – 216,47 mm, lebar 10-12 mm, tebal 1,2 mm, dan berat 26 gram.

Pada bagian dalam tercetak grafik Kementerian Agama beserta logonya dan tahun. Sedangkan bagian luarnya memuat informasi identitas jemaah berupa embarkasi haji dan tahun keberangkatan, nomor kloter, nomor pasport, tulisan Al Hajj al Indonesii (dalam bahasa Arab), bendera merah putih, nama jemaah haji dan yang terbaru barcode QR code  yang memuat data rinci jemaah haji, seperti identitas, daerah asal, termasuk nomor hotel yang ditempati jemaah selama di Arab Saudi.

Gelang haji juga dilengkapi pengait dengan tiga lobang ukuran dan karet pengunci agar pengait gelang tidak mudah lepas. Warna tiap embarkasi juga dibuat berbeda. Warna gelang jemaah haji asal embarkasi Aceh (BTJ) hijau daun, Medan (MES) hijau tua, Padang (PDG) merah marun, Batam (BTH) merah cabe, Palembang (PLM) orange. Sedangkan jemaah haji dari Lampung (JKG) biru, Jakarta Pondok Gede (JKG) biru, Jakarta Bekasi (JKS) biru, Surakarta (SOC) kuning, Juanda Surabaya (SUB) coklat, Mataram (LOP) Biru Telur Asin, Banjarmasin (BDJ) biru muda. Sementara warna gelang jemaah asal Balikpapan (BPN) merah muda, Ujung Pandang (UPG) ungu, Gorontalo (UPG) ungu, Palangkaraya (BDJ) biru muda, Bengkulu (PDG) merah marun, Jambi (BTH) hijau toska.

Jumlah gelang haji yang diproduksi sesuai dengan kuota jemaah dan petugas. Rinciannya 204.000 orang dan petugas kloter sebanyak 2.525 orang. Pembuatannya mengacu pada jumlah kuota jemaah haji tiap embarkasi.

Setelah batangan gelang selesai diproduksi, gelang setengah jadi ini dikirim ke embarkasi untuk proses pembuatan grafik nama, nomor kloter, dan nomor pasport. Pemberian identitas jemaah dilakukan di Embarkasi masing-masing sesuai dengan ketentuan berdasarkan pra manifest pemberangkatan.

Gelang yang siap pakai dikemas dalam kantong plastik dan diberi label identitas lengkap jemaah (nama, kode embarkasi, nomor paspor dan nomor kloter) di klip menggunakan head machine. Gelang siap pakai diserahkan kepada petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi di setiap Asrama Haji sesuai dengan kloternya pada saat jemaah akan berangkat ke Bandara.

LEAVE A REPLY