Santri Al Falah Salatiga Khatamkan Kitab Kuning Selama Ramadan

0
37
Santri Pondok Pesantren
Santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al Falah Grogol.

Hajiumrahnews – Ada beberapa orang yang memasang target untuk diselesaikan setiap bulan puasa. Salah satu yang paling banyak dilakukan, sudah barang tentu adalah mengkhatam Alquran.

Namun, hal unik terjadi di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al Falah Grogol, Salatiga. Setidaknya ada 500 santri mengikuti kegiatan perpisahan dan khataman beberapa kitab selama Ramadhan.

Acara bertajuk muwadaah dan khataman pasan itu, digelar di ponpes tersebut yang dirangkai dengan pengajian dari penceramah Kiai Muhammad Khoiri.

Menurut Saatiga Latifah Zumri, Pengasuh PPTI Al Falah, tradisi perpisahan ini merupakan agenda tahunan di ponpesnya. Selama Ramadhan ini, para santri juga mengkhatamkan kitab-kitab seperti Bidayatul Hidayah, Burdah, Tanqihul Khoul, Fathul Qarib, dan lainnya. Kitab-kitab itu lebih dikenal dengan kitab kuning.

“Kitab-kitab itu memang bisa diselesaikan selama Ramadan. Jadi itu program di ponpes kami setiap bulan Ramadan ini selain materi harian yang harus diselesaikan setahun,” katanya.

Sementara itu dalam ceramahnya, Kiai Muhammad Khoiri menyampaikan bahwa terdapat enam perkara yang termasuk dalam rahasia Allah SWT. Salah satu di antaranya ialah malam lailatul qadr yang datangnya tidak pernah diketahui oleh manusia. (Eep)

 

LEAVE A REPLY