Saudi Libatkan Anggota Pramuka Bantu Pantau Harga Komoditas di Makkah

0
134

anggota pramuka tengah memeriksa komoditas barang yang dijual di salah satu toko di Makkah. (foto:ist)HAJIUMRAHNEWS-Kementerian Perdagangan dan Investasi Arab Saudi menggandeng Asosiasi Pramuka setempat untuk melayani dan membantu para peziarah dalam memantau harga komoditas dan barang-barang di daerah sekitar Masjidil Haram.

Setiap anggota pramuka yang dilibatkan akan memastikan bahwa para pedagang mematuhi label harga pada setiap item barang yang dijual dan mengawasi setiap transaksi agar tak terjadi penipuan.

Kepala Asosiasi  Pramuka Abdel Aziz Abdul Rahman Al-Ghanam mengatakan kerja sama ini dilakukan selama sepuluh hari terakhir Ramadan, menerjunkan beberapa personil anggota pramuka untuk membantu kementerian dalam mendeteksi pelanggaran dalam hal jual beli. Personil pramuka yang dilibatkan terdiri dari para anak dan remaja dari berbagai jenjang sekolah.

Dilansir dari Arab News pada Kamis (07/06, Para personil anggota pramuka nantinya akan disebar di seluruh wilayah pusat di sekitar Masjidil Haram yangakan didampingi oleh pejabat dai Kementerian Perdagangan dan Investasi. Mereka juga akan membantu mendeteksi barang-barang yang rusak, dan segala sesuatu yang tidak layak untuk dikonsumsi manusia.

Setiap personil sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari Kementerian terkait mekanisme kendali mutu.

Dalam beberapa hari, mereka telah  berhasil mendeteksi barang-barang yang merupakan replika dari merek high-end yang dijual kepada konsumen, serta barang-barang yang tidak mematuhi kebijakan Pemerintah.

LEAVE A REPLY