Presiden ISABC Temui Dubes RI di Riyadh

0
104
Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebrel beserta tim ekonominya dan Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC) Muhammad Hasan Gaido foto bersama usai pertemuan di kantor KBRI Riyadh, Saudi pada Rabu (6/6) waktu setempat. (hun)
Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebrel beserta tim ekonominya dan Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC) Muhammad Hasan Gaido foto bersama usai pertemuan di kantor KBRI Riyadh, Saudi pada Rabu (6/6) waktu setempat. (hun)

HAJIUMRAHNEWS – Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC) Muhammad Hasan Gaido menemui Duta Besar Republik Indonesia, Agus Maftuh Abegebriel di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh, Arab Saudi, pada Rabu, (6/6) waktu setempat. Demikian keterangan resmi ISBC yang diterima hajiumrahnews.com pada Kamis, (7/6).

Kedatangannya ke kantor KBRI di Riyadh diterima langsung oleh Dubes Agus beserta tim ekonomi KBRI itu untuk membahas upaya meningkatkan ekonomi khususnya bidang perdagangan, pariwisata dan invetasi. Dalam kesempatan itu, Dubes menyambut baik upaya yang dilakukan ISABC dalam rangka peningkatan diplomasi ekonomi antar kedua negara.

Menurut Hasan Gaido yang juga tercatat sebagai Ketua Bilateral Kadin Komite Tetap Timur Tengah dan OKI ini menyampaikan, kedatangannya ke Saudi merupakan sejalan dengan himbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan pemerintah tengah fokus menarik investasi sebanyak mungkin dari negara-negara Timur Tengah. Salah satunya adalah Arab Saudi yang dinilai Jokowi sebagai negara yang memiliki modal sangat besar, sehingga layak untuk dijadikan mitra dalam berinvestasi di dalam negeri.

“Inilah upaya ISABC dalam rangka mendukung program pemerintah yang memang tengah fokus untuk menarik investasi dari kawasan Timur Tengah, dimana itu juga menjadi fokus kami sebagai business council, khususnya Arab Saudi,” kata Hasan Gaido.

Sementara Dubes RI untuk Arab Saudi, pihaknya menyambut baik dan siap bersinergi dengan ISABC untuk mempertemukan para pengusaha Saudi dan juga pengurus Saudi Arabia Indonesia Business Council yang baru saja terbentuk. “Kami siap bersinergi, terlebih lagi dengan adanya business council kedua negara, ini menjadi jawaban kongkrit dari harapan pertemuan kedua kepala negara yakni Raja Salman dan Presiden Jokowi setahun lalu,” kata Dubes.

Dalam pertemuan itu, baik ISABC dan KBRI beserta jajarannya, khususnya tim ekonomi sepakat untuk terus melakukan komunikasi dan kordinasi, terlebih di tahun 2018 ini, pemerintah Indonesia akan menggelar pameran dagang di Jeddah, Arab Saudi, November mendatang. Bahkan di bulan Oktober, pemerintah juga, dalam hal ini Kementerian Perdagangan kembali akan menyelenggarakan Trade Expo Internasional di ICE BSD pada 24-28 Oktober mendatang.

Sebelumnya, masih di bulan Oktober, giliran Kadin Indonesia juga akan mengadakan kegiatan First Meeting ICCIA di Jakarta pada 21 sampai dengan 23 Oktober. Dimana kegiatan tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi dan menghadirkan perwakilan negara-negara Islam di dunia. Dan jauh sebelum itu juga pemerintah daerah Provinsi Banten bakal menggelar Banten Expo 2018, pada 11 hingga 14 Oktober 2018. “Hemat saya, beberapa event ini bisa dimanfaatkan oleh pengusaha Saudi ke Indonesia. Dan ISABC siap bekerja sama agar terjadi transaksional,” kata Hasan Gaido.

“Artinya, sejumlah kegiatan yang erat kaitannya dalam peningkatan hubungan kerjasama ekonomi tengah digalakkan pemerintah, termasuk ISABC yang ikut terlibat dan berkontribusi dalam kegiatan tersebut,” imbuhnya. (hai)

LEAVE A REPLY