Tips Agar Tak Mengantuk Setelah Berbuka

0
140

mengantuk_20160528_094113

Hajiumrahnews – Apa yang paling ditunggu oleh orang yang sedang berpuasa? Tentu saja adalah adzan Maghrib. Sebab, itulah pertanda bahwa ia mulai bisa berbuka. Namun, tak jarang, saat berbuka orang lupa diri akan makanan yang disantapnya. Seolah ingin balas dendam, ia makan segala menu makanan yang ada di depan mata.

Efeknya, tak jarang pula, setelah berbuka orang menjadi ngantuk. Akibatnya, ia pun malas untuk shalat tarawih dan melakukan aktivitas lainnya setelah itu. Lalu, bagaimana caranya agar tidak mengantuk setelah berbuka puasa? Inilah resepnya:

1. Jangan Makan Berlebihan

Tips pertama saat berbuka puasa adalah hendaknya kita tidak makan berlebihan. Sebab, makan yang banyak bisa mengakibatkan kantuk. Maka, makanlah secukupnya. Jika merasa kurang kenyang, bisa dilanjutkan setelah shalat tarawih.

2. Mandi Sore

Tips selanjutnya adalah membiasakan diri untuk mandi sore. Ya, agar kamu terhindar dari rasa kantuk setelah berbuka, maka cobalah untuk mandi sore, setidaknya satu jam sebelum Maghrib. Dengan mandi sore, badanmu akan kembali segar sehingga kamu tidak akan merasa mengantuk setelah berbuka puasa. Jika tidak sempat mandi, kamu bisa mengusap mukamu dengan air hangat sehingga kamu akan merasa lebih fresh.

3. Hindari Makanan Tinggi Sodium

Tips lainnya adalah menghindari makanan yang mengandung sodium (bagian dari garam). Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan akan menarik air sehingga membuat tubuh menjadi berat dan lelah karena kelebihan air. Makanlah makanan yang mengandung garam alami dan tidak berlebihan yang baik untuk kesehatan sehingga badanmu akan lebih fit dan tekanan darahpun normal. Sodium banyak terdapat pada french fries, apalagi kalau kita senang yang memakai shakers, ayam goreng, burger, bologna, pizza hut, segala jenis snack, keripik kentang dan sebagainya.

4. Hindari Minuman Berkarbonasi

Kalau kamu hobi minum minuman berkarbonasi (soda), sebaiknya di bulan ramadan kamu hindari dulu. Minuman berkarbonasi bisa menyebabkan kantuk karena mengandung udara yang cukup banyak yang bisa mengumpul dalam perut. Hal ini dapat menyebabkan perut terasa penuh dan ujung-ujungnya rasa kantuk pun tak dapat dihindari. Minumlah minuman yang sehat dan hangat ketika kamu berbuka seperti air bening, air teh, atau susu.

Demikian beberapa tips agar kamu bisa terhindari dari rasa kantuk setelah berbuka. Anda ingin tetap fit setelah berbuka? Cobalah resep-resep ini!

LEAVE A REPLY