Kecil Ukurannya, Besar Manfaatnya Selama di Tanah Suci

0
134
Jamaah haji Banten. (foto:ist)
Jamaah haji Banten. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS – Biasanya, banyak diantara calon jamaah haji maupun umrah yang kebingungan masalah barang apa saja yang musti dibawa. Pasalnya, tak jarang mereka membawa perlengkapan yang sejatinya tidak diperlukan selama perjalanan. Sementara ada beberapa perlengkapan yang mustinya dibawa malah terlupakan. Walau bagi sebagian orang menganggapnya sepele, namun sebenarnya memiliki manfaat besar.

Lantas, benda apa saja yang walaupun ukurannya kecil, namun besar manfaatnya itu? Berikut daftarnya :

Steker (Colokan Listrik)

Jangan lupa bawa steker kaki tiga dan letter T. Sebab, stop kontak di Arab Saudi berbentuk kaki tiga dan jumlahnya terbatas. Dengan dua benda ini, Anda tidak perlu khawatir jika harus banyak menggunakan alat elektronik yang butuh di-charge.

Masker

Benda ini berguna untuk melindungi hidung dan mulut dari debu yang menerpa wajah

Pelembab dan Body Lotion

Berguna untuk mengatasi kulit kering akibat cuaca panas yang ekstrim di Arab Saudi.

Waterspray

Berguna untuk menyegarkan wajah jika merasa kepanasan kala beraktivitas di Arab Saudi.

Kacamata Hitam

Suhu di Arab Saudi cukup panas, sekitar 40 derajat Celcius. Untuk melindungi mata dari terik matahari, kacamata hitam bisa menjadi pilihan yang berguna.

Power Bank

Ibadah yang padat dan terbatasnya stop kontak akan membuat HP Anda lupa di-charge. Membawa power bank akan memudahkan Anda tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga.

Kartu Memori

Kamera digital yang dibawa perlu dipersiapkan amunisi cadangannya. Selain batere cadangan, kartu memori tambahan sebaiknya disiapkan untuk berjaga-jaga kemungkinan kartu yang dipakai penuh.

Karet Gelang

Ini banyak kegunaannya. Beberapa jamaah ada juga yang menggunakannya untuk menghitung jumlah saat tawaf dan sa’i di Masjidil Haram.

Peniti

Biasanya, jamaah wanita lebih banyak butuh peniti untuk berbagai keperluan. Siapkan yang cukup untuk dibawa.

LEAVE A REPLY