Mudik Lebaran 2018: Pelni Siapkan 26 Armada Kapal Ferry

0
114
Ke 26 Armada Kapal Ferry akan singgah di 91 Pelabuhan. (foto:ist)
Ke 26 Armada Kapal Ferry akan singgah di 91 Pelabuhan. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Menyambut mudik lebaran tahun 2018, PT Pelayanan Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni tengah menyiapkan 26 armada kapal ferry untuk melayani para pemudik ke berbagai daerah di Indonesia dengan kapasitas total penumpang yang bakal diangkut setiap harinya mencapai 53.763 orang.

“ Kapal akan singgah di 91 pelabuhan, melayani 1.100 ruas dan menempuh jarak 98.329 mil,” papar Direktur Armada Pelni Tukul Harsono, Jumat (18/05).

Selain Kapal Ferry, Pelni juga menyiapkan 47 armada kapal perintis untuk melayani pemudik ke 305 pelabuhan. Juga untuk tujuan 4.602 ruas pulau-pulau besar, terpencil dan terluar di Tanah Air.

Untuk transportasi mudik Lebaran 2018, Pelni membagi tiga cluster pelayanan yaitu wilayah barat terdiri Tanjung Priok, Tanjung Pandan, Pontianak, Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Belawan, Pulau Natuna, Semarang, Surabaya, Sampit, dan Kumai. Wilayah tengah terdiri Makasar, Baubau, Balikpapan, Nunukan, Tarakan, Pare-pare, Bima, Labuan Bajo, Lewoleba dan Kupang. Untuk wilayah timur meliputi Ambon, Banda Neira, Namlea, Ternate, Tual, Sorong, Manokwari, Biak, Serui, Nabire dan Jayapura.

Komposisi penumpang wilayah barat 39 persen, wilayah tengah 43 persen, dan wilayah timur 19 persen.

Tukul menuturkan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pihaknya melakukan rerouting ke ruas-ruas padat penumpang seperti Batam-Belawan, Kumai-Semarang, Sampit-Semarang, dan Balikpapan-Surabaya.

“ Kami tidak akan menambah kapal, tetapi menambah frekuensi pada ruas padat penumpang dengan me-rerouting kapal,” papar Tukul.

Sementara itu, Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, O. M. Sodikin, mengatakan angkutan Lebaran dengan kapal akan berlangsung selama 30 hari. Periodenya dimulai Kamis 31 Mei 2018 dan berakhir pada Sabtu, 30 Juni 2018.

“ Masa angkutan Lebaran dengan kapal laut lebih lama dibanding angkutan darat dan udara,” kata Sodikin.

Mudik Gratis untuk Pengendara Motor

Sodikin melanjutkan untuk mudik tahun 2018 ini, Pelni dipercaya Kementerian Perhubungan mengangkut pemudik sepeda motor dari Jakarta ke Semarang pergi-pulang. Mudik gratis sepeda motor dimulai tanggal 9 Juni hingga 22 Juni 2018. Pendaftaran mudik motor gratis dengan kapal Pelni dibuka sejak 23 Maret dan berakhir 2 Juni 2018.

“ Pemudik sepeda motor dapat mendaftar melalui aplikasi, selanjutnya diverifikasi kepastian keberangkatannya,” ujar Sodikin.

Lebih lanjut, Sodikin menjelaskan Pelni bersinergi dengan 23 BUMNmemberangkatkan Mudik Bareng BUMN 2018. Untuk program ini, Pelni menjalin kerja sama dengan PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., Perum Bulog, dan PT Pertamina (Persero), menyediakan 23.908 tiket ke berbagai jurusan.

LEAVE A REPLY