Kereta Cepat Haramain Siap Beroperasi September 2018

0
202
Kereta Cepat haramain. (foto:saudigazette)
Kereta Cepat haramain. (foto:saudigazette)

HAJIUMRAHNEWS-Kereta api cepat Haramain yang menghubungkan dua kota suci Mekah dan Madinah direncanakan mulai bisa beroperasi pada bulan September. Demikian dikatakan kontraktor proyek kereta api asal Spanyol pada Kamis (17/05).

Awalnya kereta api cepat Haramain ini dijadwalkan rampung pada akhir 2016 silam. Namun,  Al-Shoula, kontraktor awal yang menangani proyek tersebut menyatakan bahwa pembangunan kereta api haramain membutuhkan tambahan biaya sebesar 210 juta euro dari biaya awal yang telah disepakati oleh kerajaan Arab Saudi.

Dilansir dari saudigazette, Pembangunan kereta api cepat sendiri dimulai pada tahun 2011 dengan Arab Saudi memberikan kontrak senilai 6,7 miliar euro ($ 7,1 miliar) kepada kontraktor dari 12 perusahaan Spanyol dan dua perusahaan Saudi untuk proyek tersebut.  Kontrak tersebut berisikan pembangunan jalur kereta api sepanjang 444 kilometer (275 mil) yang menghubungkan kota Makkah dan Madinah dan menyediakan 35 kereta.

Saat pembangunan selesai pada September nanti, Kereta api cepat diharapkan dapat mengangkut 166.000 penumpang setiap harinya. Nantinya akan ada empat kereta yang siap beroperasi setiap minggunya. Kehadiran kereta api cepat diharapkan mampu mempermudah transportasi antara kedua kota selama ziarah Haji tahunan.

 

LEAVE A REPLY