Tips Umrah yang Aman dan Nyaman di Bulan Ramadhan

0
53
simulasi jamaah umrah (foto: ist)
jamaah salah satu travel saat miqat di Masjid Bir Ali / Dzuhulaifa (foto: ist)

HAJIURAHNEWS – Bulan Ramadhan memang bulan yang sangat istimewa. Ia menjadi istimewa karena diistimewakan oleh yang Sang Maha Kuasa. Pun dengan amalan-amalan yang dilakukan di dalamnya, akan bernilai istimewa di mata Allah Subhanahu Wata’ala (SWT) baik ibadah wajib maupun sunnah.

Allah SWT menyebutkan bahwa amalan yang dilaksanakan di dalamnya dihitung 70 kali lipat besarnya, dibanding dengan amalan yang dilaksanakan di luar Ramadhan. Begitu juga dengan ibadah umrah, tentunya. Dalam hal ini, Allah SWT menjanjikan pahala setara berhaji dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bagi mereka yang melakukan umrah di bulan Ramadhan.

Nabi pernah menyebutkan, untuk ibadah shalat di Masjid Nabawi saja misalnya, Allah SWT akan mengganjar makhluknya dengan pahala shalat 100.000 rakaat di bulan-bulan biasa. Sedangkan apabila dilaksanakan di bulan Ramadhan, maka Allah SWT akan memberikan pahala berkali lipat besarnya, bahkan sampai tak terhingga. Wajar bila banyak muslimin yang berduyun-duyun datang untuk menjalankan ibadah saat Ramadhan.

Saat menunaikan ibadah di Tanah Suci, Anda perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan teknis, terlebih ketika menjalani ibadah umrah di bulan suci Ramadhan. Berikut adalah tips aman dan nyaman saat umrah di bulan Ramadhan, diantaranya:

Kenali lokasi

Sebelum Anda mendatangi rumah Allah, ada baiknya Anda mengenali lokasi yang akan Anda kunjungi. Anda bisa menanyakannya kepada pihak travel mengenai hotel dan akses ke dua poros utama masjid suci (Mekkah dan Madinah). Atau Anda juga bisa menanyakan situasi, kondisi, dan tempat yang ada di sana kepada pembimbing ibadah ketika menjalani manasik.

Amankan barang pribadi Anda

Berada di Tanah Suci tidak menjamin, barang pribadi Anda aman, karena yang datang ke sana berasal dari berbagai macam latar belakang karakter. Bawalah tas kecil untuk mengamankan barang pribadi yang paling penting. Lebih amannya lagi, Anda tidak perlu membawa barang-barang berharga yang Anda miliki dan cukup menaruhnya di penginapan dan menyimpannya pada posisi paling aman.

Ini berlaku untuk barang-barang seperti ponsel, uang, perhiasan dan beberapa barang berharga lainnya. Adakalanya juga barang kecil seperti alas kaki misalnya, pun bisa hilang. Untuk mengantisipasinya, bawalah plastik atau goody bag untuk mengamankan alas kaki yang Anda miliki.

Hindari waktu-waktu padat

Karena ramainya Tanah Suci, biasanya jamaah akan rawan tersesat. Jika Anda ingin melakukan umrah dengan khusyuk, biasanya seseorang akan melakukan ritual ke-2 atau ke sekian. Jika demikian, lakukankah ibadah di malam hari. Tapi perlu diperhatikan bahwa pada awal malam, mulai magrib biasanya orang akan berduyun-duyun datang untuk melakukan shalat berjamaah dilanjutkan dengan tadarus dan shalat tarawih. Oleh karenanya, jika Anda tidak ingin terjebak dalam kerumunan jamaah, maka lakukanlah ritual di waktu setelahnya.

Lakukan ibadah secara berjamaah

Melakukan ibadah secara berjamaah sangat membantu Anda ketika beribadah umrah. Selain agar tidak tersesat, juga bisa membantu Anda ketika mengalami hal-hal yang tidak diharapkan. Tak hanya itu, metode ini cukup membantu Anda jika tidak mengetahui bacaan tertentu.

Istirahat yang cukup

Simpanlah tenaga Anda dengan beristirahat secukupnya. Anda bisa tidur siang secukupnya agar setelahnya dapat menjalankan ibadah dengan lancar. Jangan juga sampai, karena terlalu ‘ngoyo’ beribadah Anda mengalami kelelahan dan akhirnya badan Anda sakit ketika di sana. Tentu hal ini sangat mengganggu kelancaran ibadah yang telah Anda harapkan pahalanya sejak sebelum berangkat ke tanah suci.

Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi

Momen umrah di tanah suci saat Ramadhan tidak lantas menjadikan Anda tidak menjaga pola makan dan nutrisi. Nutrisi makanan pun perlu tetap diperhatikan karena hal ini sejalan dengan lancarnya ritual yang Anda jalani sejak awal hingga akhir.

Dengan tips-tips tersebut diharapkan Anda bisa menjalani ibadah umrah dengan lancer, aman dan nyaman, karena hari tersebut merupakan momen meraup pahala yang lebih besar dari biasanya. (zah)

LEAVE A REPLY