Menteri PPN Inginkan Bank Syariah Sebesar BCA dan Mandiri

0
57
Menteri
Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional

Hajiumrahnews – Industri syariah memang semakin menggeliat akhir-akhir ini. Untuk mempercepat tumbuhnya sektor ekonomi syariah di Indonesia pemerintah pun sudah membentuk KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah) pada tahun 2016 melalui Peraturan Presiden Nomer 91 yang dikepalai langsung oleh Presiden Jokowi.

Salah satu tugas vital KNKS ke depan adalah bisa mewujudkan adanya bank syariah berskala besar seperti BCA, Mandiri dan sebagainya.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro, keinginan ini muncul seiring dengan tumbuhnya industri keuangan syariah yang sehat dan pesat.

“Kekurangan industri keuangan syariah sekarang mungkin belum adanya bank syariah yang besar. Kalau konvensional kan sudah banyak, Bank Mandiri, BCA dan lainnya. Kita harapkan industri bank syariah bisa capai skala itu,” tuturnya, di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, banyaknya bank industri keuangan di Indonesia belum dibarengi dengan kualitas. Padahal, kebanyakan investor lebih senang dengan bank skala besar karena lebih pasti untuk berinvestasi.

Oleh karena itu, dengan adanya bank syariah skala besar, hal itu meningkatkan kepercayaan dan keinginan dari masyarakat untuk mau terlibat di dalam bank syariah.

“Di Dubai ada bank syariah skala besar Dubai Islamic Bank, Malaysia ada CIMB maupun Maybank. Mereka bank skala besar, otomatifs bank besar ciptakan namanya trust di kalangan nasabah dan investor,” tuturnya.

Menurutnya, merealisasikan bank syariah skala besar kuncinya adalah modal, kedua ekosistem untuk industri halal dan syariahnya sendiri mesti lebih besar di Indo dan harus didorong semakin banyak produsen yang memproduksi halal dan syariah ini langsung bermitra dengan bank syariah.

“Sekarang sedang dipikirkan berbagai mekanisme, yang paling baik sih ada bank BUMN syariah, bagaimanapun perlu modal dan pengalaman. Tentunya bank BUMN sekarang kan punya pengalaman yang bagus. Nah kita harap bank BUMN syariah seperti itu,” tuturnya. (Kun)

LEAVE A REPLY