Inilah Jejak Sejarah Haji Aceh

0
96
Sulaiman Abda, Ketua DPW IPHI Aceh saat menyampaikan sambutannya dalam Rakernas
Sulaiman Abda, Ketua DPW IPHI Aceh saat menyampaikan sambutannya dalam Rakernas XIV IPHI Aceh di Banda Aceh, 11-13 Mei 2018.

Hajiumrahnews – Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI) Aceh mengadakan Rakernas XIV Regional I Se-Sumatera dan Musyawarah Wilayah IPHI Aceh tahun 2018 sekaligus Harlah IPHI ke-28 di Banda Aceh selama tiga hari (11-13 Mei). Ada sekitar 400 peserta yang hadir.

Ketua DPW IPHI Aceh, Sulaiman Abda menyampaikan sambutannya seputar jejak sejarah haji di Aceh. Menurut Abda, dalam banyak catatan disebutkan bahwa lima kapal laut asal Aceh yang membawa rombongan haji singgah di Jedah, Arab.

Baca juga: Polres Kendal Berikan Hadiah Umrah Gratis kepada Dua Pengurus Masjid

Disebutkan juga, lanjut Abda, Aceh pernah menjadi tempat berkumpulnya calon jamaah haji dari berbagai nusantara.

“Di Aceh mereka belajar manasik haji sebelum berangkat ke Baitullah,” ujar Abda.

Tidak hanya itu, jejak haji di Aceh juga masih bisa dilihat di Sabang, tepatnya di Pulau Rubiah yang pada zaman Belanda dijadikan lokasi karantina jamaah haji.

Baca Juga: Cara Daftar Pelimpahan Porsi Haji

Sulaiman Abda juga menyebut bahwa sumbangan Aceh untuk perjuangan Indonesia juga sangat kentara, termasuk mendukung pengadaan moda transformati udara dan laut. Pada tahun 1960-1970 rakyat Aceh yang hendak berhaji juga ikut membeli saham untuk pembelian kapal laut untuk berhaji yang dahulu berangkat dari pelabuhan Sabang.

“Begitulah jejak Aceh dalam kaitannya dengan haji, yang menjadi jejak sejarah bagi haji Indonesia,” pungkas Abda di Asrama Haji, Banda Aceh.

LEAVE A REPLY