Belum Banyak yang Tahu, Inilah Cara Daftar Pelimpahan Porsi Haji

0
122
Mulai tahun ini jamaah haji yang batal berangkat bisa diwariskan kepada keluarganya.
Mulai tahun ini jamaah haji yang batal berangkat karena sakit atau meninggal bisa diwariskan kepada keluarganya.

Hajiumrahnews – Sebagaimana diketahui bahwa mulai tahun ini ahli waris dan sanak famili dapat menggantikan calon jemaah haji yang batal berangkat. Nama kebijakan dari pemerintah itu adalah pelimpahan porsi haji.

Pada tahun 2009 soal pelimpahan haji ini pernah terjadi. Jamaah haji yang batal berangkat karena sakit atau wafat dapat diganti oleh salah satu anggota keluarganya. Hanya saja waktu itu praktiknya terselubung: Yang terdaftar sebagai jemaah haji siapa? Yang melaksanakan haji siapa? Misalnya yang terdaftar namanya Japar tapi yang berangkat nama aslinya Sodik, jadilah ID jamaah haji bernama Haji Japar Sodik.

Sekarang keadaannya berbeda. Melalui program pelimpahan porsi haji semuanya dilaksanakan transparan. Dalam artian bahwa yang menjalankan haji merupakan orang yang asli dan sesuai namanya. Misalnya almarhum Jafar dilimpahkan porsi hajinya ke salah satu keluarga bernama Sodik. Otomatis semua dokumen haji atas nama H Sodik.

Sayangnya kebijakan haji tahun ini belum tersosialisasikan secara menyeluruh. Di daerah masih banyak masyarakat yang belum tahu alur pelimpahan porsi haji. Bahkan ada yang datang ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota tapi justru dibuat bingung cara mendaftar pelimpahan porsi haji.

Baca juga: Inilah Jejak Sejarah Haji Aceh

Berikut ini cara daftar pelimpahan porsi haji yang batal berangkat haji. Supaya ahli waris atau sanak family dapat mengganti pergi haji tahun ini.

Pertama, pastikan nomor SPPH/BPIH calon jamaah yang meninggal dunia terlebih dulu adalah tercatat diberangkatkan pada musim haji tahun ini.

Kedua, pelapor dan mintalah kepada Kantor Kepala Desa/Kelurahan atau Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil perihal Surat Keterangan Kematian calon jemaah haji yang tertera sesuai SPPH/BPIH.

LEAVE A REPLY