Tas Jamaah Haji Tahun Ini Tampil Lebih Berkelas

0
476
Tas Jamaah haji tahun 2018M/1439H. (foto:kemenag)
Tas Jamaah haji tahun 2018M/1439H. (foto:kemenag)

HAJIUMRAHNEWS-Meski Pemerintah telah menaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebesar 0,9% dari rata-rata besaran BPIH tahun lalu Rp34,89 juta menjadi Rp35.235.602, namun nyatanya fasilitas dan layanan yang akan diterima jamaah haji juga akan ditingkatkan.

Jemaah haji tahun 2018 bukan hanya menerima berbagai peningkatan layanan di selama di Arab Saudi seperti peningkatan jumlah konsumsi, bus upgrade, maupun layanan akomodasi yang semakin baik. Disamping itu, jemaah haji tahun ini  juga akan menerima tas yang telah didesain ulang agar jemaah lebih nyaman. Perubahan paling mencolok ada pada tas kabin (tas tenteng) dan koper.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Ahda Barori menjelaskan tas jemaah haji ini. Menurutnya spesifikasi tas tertuang di dalam Keputusan Direktur Jenderal PHU Nomor 113 Tahun 2018.

“Pada Keputusan Dirjen tentang perjanjian pengangkutan udara jemaah haji reguler diatur spesifikasi tas koper besar, tas tenteng, dan tas paspor,” kata Ahda Barori di Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta beberapa waktu lalu.

Keputusan itu mengatur perjanjian penerbangan antara Kementerian Agama dan maskapai penerbangan, Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines, yang di dalam Lampiran III memuat spesifikasinya.

“Perjanjian antara Kemenag dengan Garuda dan Saudi Arabian Airllines pada prinsipnya sama, tidak ada perbedaan tugas dan tanggung jawab. Maskapai yang menyediakan tas tersebut karena masuk dalam komponen biaya penrbangan,” lanjut Ahda menjelaskan.

Koper dan tas jemaah haji tahun 2018 bila dilihat dari sisi spek sebetulnya sama seperti tahun lalu. Namun menurut Ahda, bentuk tas kabin sudah berubah drastis.

“Tas kabin berubah total. Sementara tas koper ditambah dua buah roda di bagian depan dan ada cantelan untuk memudahkan ditarik. Tas paspor masih sama seperti sebelumnya,”

Sedangkan untuk warna tas, hanya Garuda yang mengalami perbedaan dari tahun sebelumnya. Tahun lalu tas dari Garuda berwarna orange, tahun ini berwarna biru.

“Untuk warna tas mengacu pada warna airlines masing-masing,” pungkas Ahda

LEAVE A REPLY